Selasa, 12 Januari 2016

Tips Agar Baterai Smartphone Nggak Boros

Gaes, apa disini cuma gue aja yang paling kesel dan galau kalo smartphone sering lowbatt? Apalagi kalo pas dalam perjalanan atau saat harus mobile ke sana kemari, beuh... mati gaya deeh. Kalo ada powerbank sih aman, tapi kalo gak punya dan pas lagi gak bisa nge-charge juga, gimana dong? Padahal, smartphone musti nyala karena butuh buka Google Map, atau janjian penting sama orang misalnya. Yang paling bikin mood terjun bebas versi gue adalah ketika tengah asyik gosipan di grup Whatsapp, atau nonton episode terbaru drama korea yang udah gue tunggu-tungguin, lalu tau-tau baterai hp udah tinggal 5% aja!! Gemes kan?! 

Nah, biar baterai smartphone awet, ini ada beberapa tips dari detekno.com, worth to try! 

Pertama :
Matikan Wi-Fi
Ternyata mematikan konektivitas Wi-Fi kalo lagi di luar ruangan itu pengaruh lhooo buat baterai. Soalnya, kalo gak dimatiin, smartphone akan terus mencari sinyal Wi-Fi terdekat, ini yang akan terus mengurangi daya baterai cukup besar secara otomatis. Jadi, kalo lagi di luar, mending memasang jaringan 3G atau 4G LTE, dan kalau udah bisa memakai jaringan Wi-Fi, baru dipasang lagi. 

Kedua :
Matikan Live Wallpaper!
Iya sih, live wallpaper bikin tampilan smartphone jadi keren, tapiiiii...ini nih yang bisa menyedot baterai secara tepat sehingga daya tahan baterai akan berkurang. Jadi, sementara dalam perjalanan, dimatikan dulu deh wallpaper-nya ya!

Ketiga :
Non-aktifkan notifikasi
Tahu nggak, setiap notifikasi tidak penting seperti dari aplikasi atau game, rata-rata terhubung dengan internet, sehingga akan menyedot daya baterai secara signifikan. Coba ke menu setting, pilih Apps, terus pilih aplikasi atau game yang ingin dinon-aktifkan notifikasinya, dan hilangkan tanda centang “show notification” di bagian bawah.

Keempat :
Turunkan kecerahan layar
Semakin terang layar, semakin besar energi yang disedot! Apalagi kalo layar smartphone-nya memiliki resolusi full HD. Jadi, biar baterai gak boros, ubah kecerahan layar jadi manual, terus atur waktu tampil layar (Sleep) dalam hitungan detik.

Sementara kalo tips dari gue sih yaa : ganti smartphone! Iyaaa, kalo smartphone udah mulai sering lowbatt, artinya baterainya memang udah lemah. Nah, kalo kebetulan lagi cari smartphone baru yang daya tahan baterainya kuat, coba cek Huawei G8 deh.

Huawei G8 punya baterai sebesar 3000 mAh, artinya ketahanan baterainya lebih awet dan bisa memiliki daya tahan baterai selama 70 jam. Terus, mengingat Huawei G8 adalah perangkat dual-SIM, baterai bisa tahan selama 69 jam dalam dua koneksi jaringan dan 71 jam dalam satu koneksi jaringan. Secara detil, Huawei G8 memiliki waktu bicara selama 28 jam, 10 jam untuk browsing, dan untuk pemutaran video, Huawei G8 mampu bertahan selama 10 jam 20 menit. 

Ada lagi satu hal yang menarik dari daya tahan baterai Huawei G8. Seperti ponsel Huawei lainnya, G8 memiliki manajemen baterai yang baik. EMUI yang dimiliki G8 merupakan interface yang bisa mengelola aplikasi-aplikasi. Pengaturan ini akan mengelola baterai dan network data hanya dapat digunakan oleh aplikasi-aplikasi yang dianggap perlu dan sering digunakan oleh pengguna, saat layar dimatikan. Sedangkan, aplikasi di luar itu, tidak akan bisa aktif. Ini merupakan mekanisme kontrol yang luar biasa dan sejauh ini hanya dimiliki oleh Huawei. 

Gimana? Mulai tergoda kan untuk ngecek-ngecek Huawei G8 di Google, apalagi abis liat desainnya kaya gini! Kece kan? *lalu cek saldo tabungan* :D


18 komentar:

  1. aku borosss.. sedangkan tiap jam mantengin hape disertai wifi, hiks7x.. untung awet sih ya batreiku udah 3 taunan ini belum pernah ngedrop ^^ thnx sharingnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..Aku malah jarang wifi-an. Paling boros kalo udah dipake buka socmed atau browsing :)

      Hapus
    2. suamiku pasang wifi di rumah buat input data mak.. jadinya aku ketularan online terusss.. hikss.. malah gak pernah daftar kuota.. jarang keluar rumah soalnya.. *kurang piknik*

      Hapus
  2. Kalau saya sih Teh.. sekalian pasang plane mode kalau bener-bener mau hemat baterai, apalagi di daerah yang sinyalnya megap-megap. Atau sekalian matiin paket datanya dulu karna yang urgen kan biasanya via telepon tuh, nanti kalau sudah ketemu sumber daya listrik baru nyalain paket data :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..kl sinyal megap2 malah suka nyedot banget batre ya? Cepet panas juga tuh hp-nya..

      Hapus
  3. catet, karena henpon saya boros banget baterenya :D apalagi kalau dipake nonton drakor #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah itu mah jelas menyedot batre dan kuota!! :)) Tips buat kita mah : jangan nonton drakor di hp :))

      Hapus
  4. Ga cuma mba Utie, HP aku juga lowbat-an dan ya galau gimana gitu deh! Aku ngecharge sehari bisa lebih dari 3 kali lho. klo lagi perjalanan jauh apalagi janjian, ga berani buka sosmed soalnya pasti HP lowbat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sekarang ganti batre pake yg double power, Noks..Biasanya iya, 3 kali ngecas :D Apalagi kl asik cari spoileran di IG :)))

      Hapus
  5. Alhamdulillah anak ku alias hapeku ini msh bisa ditolerir asal gk manteng konek ke inet nya wkwkwk.. *sama aja dong*

    klo aku kdg suka pindahin ke jaringan 2G malah.. Klo lg gk butuh2 bgt atau mending paket data nya off aja. Biar lebih awet lg :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi..iya Nggie, kumaha weh caranya biar irit mah ya? :D

      Hapus
  6. iyaa, boros banget apalagi klo lagi buka sosmed ampe 3 or 4 macem .. tau2 udh merah aja tandanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan-jangan emang udah drop baterenya? Aku kemaren gitu Mbak, cepet drop mana kembung, akhirnya ganti batre deh...

      Hapus
  7. Jadi inget trip gue ke Bandung waktu itu, sampe Cuneng bawain charger, wkwkwkwk.. Tamu yang nyusahin :p
    Iya paling kesel emang kalo batre boros. Tengkyu share-nya, Tie ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, elo itu tamu yang bener2 ngga nanggung.... nyusahinnya :)))

      Hapus
  8. nahhh matiin wifi ini yang seriiiing banget lupa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aakuuu malah jarang wifi-an loh..

      Hapus
  9. nice tips, pantes aja hp aku 1 jam dah drop lagi batrenya

    Wooclip movie

    BalasHapus