Jumat, 31 Oktober 2014

The Ilfil Things



Kalo liat judulnya dan lu mikir  bahwa gue sok-sok english banget, berarti bukan gue doang yang punya pikiran gitu. Hahaha 

Kayanya diantara postingan gue yang udah bejibun ini *baca: 13 biji menuju 14* judul ini yang paling pendek. Ada apa dengan orientasi gue terhadap judul yah? Gue suka agak dilema tuh kalo bikin judul
postingan pendek-pendek. Ada perasaan ngga rela gitu. Kayanya kurang merepresentasikan isi postingan gue kalo judulnya seiprit doang. Kalo bisa sih gue maunya bikin judul satu paragraf-an gitu da.. Jadi orang-orang ngga usah repot baca isi postingannya. LOH??!

Eh tapi, postingan ini bukan mau ngebahas etika dan rule untuk membuat judul yah :)) Hihihi, maklumlah my middle name kan “gagal fokus”. Perasaan banyak middle namenya yah gue! Yah namanya juga emak-emak dengan emosi labil, kudu banyak dimaklumi aja kalo baca postingan gue mah. Apalagi gue udah memantapkan hati untuk tetap mempertahankan prinsip ke abal-abalan blog gue, kalo bisa sih ada pengukuhan resmi gitu. Jadi gue sekarang udah belajar untuk ngga minder lagi kalo blog walking ke lapak orang dan mendapati blog itu kece banget dan blog gue ternyata cemen maksimal. Gue pan udah punya mindset “Gapapa, kan blog gue emang udah menahbiskan diri sebagai blog abal-abal, dan akan konsisten sebagai blog abal-abal!” #UpayaPembenaranDiri 


Back to the “ilfil” thing, tau kan ya ilfil itu perasaan apa? Sebenernya ilfil kan singkatan dari ilang feeling. Artinya, ummm.................... Ah, udah pada gede kan? Masa sih ngga pada tau, ngga usah gue jelasin juga kan? <-- semacem jurus ngeles. Yah gue kan blogger abal-abal!! Wajarlah kalo gue ngga terlalu bisa menjabarkan sebuah definisi dengan fasih dan intelek mengenai segala sesuatu. Makanya yang jadi pembaca *kalo ada* mbok ya rada pinter dikit lah..Jangan dikit-dikit minta dijabarin, dikit-dikit minta penjelasan. WTF?!

*cek tanggalan* Belom masuk siklus “hmmm...”
 *raba kening*  Panas! “Oh, ternyata aku gila!” hihihihihihi

Pada punya panduan untuk momen-momen ilfil ga sih? Gue ngga sampe punya SOP-nya juga sih, tapi kriteria kejadian atau momen yang disinyalir bakalan bikin gue ilfil ada lah beberapa, ngga semua gue share yah, males banget ih bikin postingan panjang-panjang. 
Mau tau? Ngga juga gapapa toh gue mah tetep mau ngelanjutin nulis. Kan blog-blog gue, suka-suka orang kece aja kan mau tetep nulis biarpun gada yang baca juga! <-- Iya-in aja kalo ngga dia bakal ngacak-ngacak sepitenk...

Jadi, momen-momen yang bikin ilfil dari sudut pandang gue adalah sebagai berikut :

Pertama, Ilfil itu adalah ketika gue jajan tapi si abang-abang atau mbak-mbak tukang jualannya jutek! Ugh, malesin banget ngga sih? 

Contoh kasus :
Gue : “Mang beli lumpia basahnya 1 ya, 5 ribu-eun aja tapi yang banyak yah, jangan pelit-pelit mang, toge mah da murah inih atuh! Yang enak bikinnya mang, jangan keasinan soalnya saya mulai mengurangi asupan garam. Jangan pake mecin juga tapi gurihnya tetep kudu kerasa yah mang.. Kalo bisa sumpitnya minta yang bukan sumpit sekali pake gitu, udah liat kan di internet bahayanya pake sumpit gituan?Cepet mang, ga pake lama ih! Loba gaya si mang mah pake popolotot kitu!”

Si Mang : “!@@#$%%%$$$#%&**)*(*&&%%#$#$^&&*()(*(^&$%#$@#!!!!!!!!! Nih mamang kasih duit 5 rebu, tapi neng pulang yah? Jangan kesini-sini lagi, pliiiss..”

Kaaaan....bikin ilfil bangeeeet!!! Gue beli pake duit aja dijutekin abis, apalagi kalo ngutang?? Kali kaya di kartun-kartun yah, gue ditendang dari bokong sampe ngacleng gitu *Tolong yah yang tau bahasa Indonesianya “ngacleng” agak sedikit dibantu untuk translate-nya*. Lagian c mang lumpia ini ngga tau prinsip dasar hubungan antara pedagang dan pembeli yah? PEMBELI ITU ADALAH RAJA. Ih sotoy, gitu aja ga tau.

Kedua, ilfil itu adalah ketika gue udah diniatin dari seminggu sebelomnya pengen makan sama goreng jengkol plus sambal terasi. Tapi pas hari H ketika gue udah berjibaku ngulek sambel dan menggoreng jengkolnya sampe wangi semerbak se-RT kecium, pas buka magic com  mau ambil nasi, eeh nasinya abis..! (ToT) *nangis guling-guling dah*  Duh itu mah asli gue bakalan ilfil! Ditambah gondok segede gaban plus lapar tak terperi. Kalo udah gitu palingan gue lempar aja si jengkol ke tong sampah dan gue banting-bantingin cobeknya! Gue mah emang gitu, kalo udah sakit hati suka sedikit kelewatan. Dan prinsip gue mah kalo gue ngga bisa makan sekarang mending ngga usah selamanya, dan kalo gue ngga bisa menikmati jengkolnya maka orang lain pun ngga boleh! Hiperbol maksimal!

Ketiga, ilfil itu adalah ketika kantor gue punya sopir baru yang kelakuannya ngehek dan sok taunya pake banget! Yang sempet baca postingan gue beberapa waktu kemaren yang ini : “Sopir baru, anti-udin dan disorientasi arah” pasti tau lah kegondokan gue terhadap beliau. Dan fyi aja yah, sampe hari ini belom ada perubahan yang signifikan atas perilakunya yang sotoy dan buta arah tuh! 

Kemaren-kemaren itu dia ceritanya ditegor sama salah satu staff kantor “Pak katanya bapak belom hapal-hapal jalan yah? Kan rutenya gampang cuma itu-itu aja, ko susah banget?” Jawabannya ini lah yang bikin gue ilfil : “Ehh kalo di Arab mah sok lah, jalan kemana juga saya apal!”

Ih sumpah da gue pengen banget nyeletuk gini : “Pak, kalo jalan ke jurang tau juga ngga?" Kalo dia jawab "Emang kenapa gitu?" Gue jawab lagi : " Gapapa Pak, kali aja tau kan saya ngga usah repot-repot jorokin Bapak.." <-- Syaiton banget. Jangan ditiru!

Sebelomnya doi udah ditegor tuh sama bos gue gegara mobil kantor berbau asem dan bertebaran sampah “Pa, kemaren kan saya udah bilang, mobil itu tanggung jawab supir, kebersihannya juga termasuk. Nah ini sampah udah dari 3 hari kemaren saya suruh buang-buangin kok belom juga?” Dan jawaban tengilnya adalah “Saya ngga berani buang bu, soalnya takut ada yang penting-penting. Besok lah saya buangin..” Yaa Tuhan, apa coba yang penting dari sisa-sisa makanan dan gelas-gelas Aqua?? 
Gue jadi curiga juga doi mantan pemulung da!

Kalo untuk kasus yang satu gue akui gue ngga hiperbol, tapi emang makhluk satu itu ngilfilin banget. Dikasih tau ngeyel, disuruh belok kiri malah belok kanan, disuruh buang sampah malah pake prinsip “besok aja kalo ga ujan”. Yang ini ilfilnya layak banget lah!

Keempat, ilfil yang paling dahsyat adalah ketika gue kebelet pengen buang-buang aer ke WC, taunya gue menemukan di klosetnya itu masih ada sisa-sisa perjuangan dari makhluk sebelumnya lagi ngambang-ngambang labil gitu!!! Eughhhhhhhh. Itu mah ga usah di deskripsikan sampe receh-recehnya yah? Itulah makna ILFIL yang paling hakiki menurut gue. Sekian.

9 komentar:

  1. cieeee.. posting lgii.. ngerii tp gue bca ujung nya doank. gk gwe bca full hhee bwt gwe ntu lbih mnyeramkan drpda annabel XD

    BalasHapus
  2. kampeeet... sakit perut gw wkwkwk...
    klo gw jadi tukang Lumpia gw bakal bilang...
    "Neng aja dah yang gantian dagang."

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D Bang Yandhi nih rajin BW yah, hihi..,makasih udah mampir..
      Jadi? mau lumpia berapa bungkus? *jangan pake bawel* :p

      Hapus
  3. Yaah nandang..baca ujungnya doang..jgn jd fast reader donk, hehehe... ayo ayo dtunggu lg postinganmu.. (^o^)/

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Beli goceng aja banyak request nya mak wkwkwk... gk panas tu kuping nya mamang lumpia :v

    Mak background nya pink sama tulisannya hitam, mata sakit bacanya IMHO

    BalasHapus
  6. Pembeli adalah raja tau! :)) masa sih? perasaan tulisannya abu2 :D kl buka di hp background nya abu2 kok! etapi,suka2 yg punya blog ngapa?? :)))
    eh tar deh kl nemu pc gue obok2 template lagi deh <-- semacam labil

    BalasHapus
  7. Iya :)) itu ilfil yg "euughhh" dan "yaiksss" !

    BalasHapus