Senin, 03 November 2014

Does She's My Alter Ego?

Eh, percaya ngga sih kalo dalam tiap-tiap diri seseorang itu (berpotensi) terdapat lebih dari satu kepribadian?
Dimana kepribadian yang lainnya mungkin berbeda dari kepribadian utama yang menonjol, yang konon katanya namanya Alter Ego.

Menurut bahasa latin, alter ego itu berarti "diri kita yang lain" atau "aku yang lain". Kalo sekilas sih kayanya si alter ego ini bisa kita sebut sebagai kasus kepribadian ganda kali ya.. Ada yang bilang itu tuh merupakan semacem penyakit psikologis gitu...



Tapi tau kan kalo banyak juga artis-artis (terutama artis luar negeri) yang katanya punya alter ego dan blak-blakan juga tentang si alter egonya ini. Misalnya Beyonce dengan alter egonya yang benama Sasha Fierce, atau Eminem yang alter egonya itu namanya si Slim Shady. Yang lain juga masih ada ya, gugling aja coba..

Tapi emang kalo kita punya alter ego berarti itu penyakit yah?
Kalo dalam sudut pandang orang awam dan abal-abal kaya gue sih, si alter ego ini pengertiannya lebih kepada sifat-sifat kita yang biasanya kita sembunyikan karena berbeda dari sifat yang kita tonjolkan atau sifat yang biasa kita perlihatkan sama orang lain. Yang mungkin sebenernya agak mirip juga dengan sifat asli kita atau bisa jadi sangat bertolak belakang. Dimana "penampakannya" biasanya tergantung sama situasi dan kondisi kita.

Ini perasaan gue aja, atau emang blog abal-abal ini udah menjurus kearah "sembuh"? Atau gue delusional?


Ehem.
Yah, kalo kata gue sih potensi setiap orang untuk punya alter ego ini ada ya, cuma ada yang menonjol dan disadari si kepribadian utamanya, ada juga yang ngga sadar tapi sebenernya udah agak-agak curiga. Biasanya sih nih ya, yang punya kebiasaan suka ngomong sendiri baik dalam hati atau diluar hati *apasih* , terindikasi punya alter ego loh. Hahahaha...

Kalo gue sendiri gimana nih?
Gue sih rasa-rasanya ngga punya alter ego deh. Tapi kalo gue punya asyiknya dikasih nama apa yah? Biar gaya kaya si Beyonce gitu, hihihii.. Raisa kah? Melody? atau Agnes?

Anjrit!! Ga tau diri pisan!!

Eh, eh tapi tau ngga kenapa judul postingan ini berupa pertanyaan? Ngga tau kan??
Sama gue juga ngga tau. Wakakakakakak...
Seperti biasa judulnya sok english lagi kan. Lah gue kan emak-emak banyak gaya, berusaha konsisten aja sih gue mah. Maunya english-english an, tapi kemampuan pas-pasan. Itu judul kan dapet konsultasi dulu sama sahabat durjana gue, jadi kalo salah jangan nyalahin gue yah. Kita sambit aja rame-rame si sahabat durjana itu! (Sayup-sayup terdengar jeritan cempreng " Utieeeeeeeeeeeee...!!". Tandanya doi lagi nyimak) Hahahahahaha.

Kembali ke masalah judul, kenapa itu berupa pertanyaan? Karena sebenernya tadinya gue masih belom yakin apakah topik yang mau gue bahas ini mengenai si alter ego nya gue atau bukan. Tapi kecurigaan gue semakin menguat loh, apalagi tiap gue ngeblog!

Dalam kehidupan sehari-hari gue kayanya ngga ada deh si alter ego ini. So far gue keliatannya mah normal ko. Keliatannya!  Ngga ada juga yang menyimpang dari kelakuan gue. Ngomong sendiri pun sepertinya agak jarang.

"Agak" !!! Cateut pemirsa.

Dan selama ini belom ada juga sih yang kalo papasan sama gue dijalan sampe mlipir-mlipir menghindar gitu. Atau ditatap orang dengan pandangan was-was diangkot. Kayanya ngga pernah deh. Bisa keliatan juga kan dari tulisan-tulisan gue? Normal-normal aja kan ya?
Ah, rasa-rasanya gue emang normal kok.

Yeah, orang gila kan biasanya tidak tahu bahwa dirinya gila.

Nah.. nah.. ini niih yang sebenernya jadi sumber pertanyaan dan kekhawatiran gue!! Kalo dalam kehidupan sehari-hari gue masih yakin lah kalo gue itu termasuk kedalam kategori manusia normal. Yaa sedikit mengidap kecenderungan OCD mah masih bisa dimaklumi laaaah. (Yang belom tau ke-OCD an gue itu kaya apa bisa cek dipostingan yang ini).
Tapiiiii, kalo gue nulis di blog ini, kayanya gue merasa dibayang-bayangi deh! Ituu suka ada kan yang  ujug-ujug nyela-nyela gitu, yang suka komen nyinyir atau nyaut-nyaut tanpa diundang.

Itu maksudnya ke GUE yah?? <-- Naaah, nongol kan! Ini dia yang gue maksud, ciing! Si nyinyir dan tukang komen yang kehadirannya biasanya ditandai dengan tulisan italic (miring) atau kalimat-kalimat yang berada dalam tanda *.............* ini nih!!
Iiiiiih, beneran deh kayanya dalam tulisan gue ternyata gue ngga sendiri! Gue punya alter ego! Dan ya Tuhan... sifatnya ko jelek banget yah? Nyinyir, tukang nyela, rese pula! Tolong Baim yaa awlohh...

Idiih, gue juga sebenernya males da jadi alter ego makhluk abal-abal macem elu! Emak-emak pula!

ABAIKAN DIA.
Oh My God. Jadi ini gue kudu periksa ke dokter kulit dan kelamin ya?

Lo kate gue KURAP??

Cuekin aja. Cuekin aja.
Gue sebenernya baru sadar loh kalo gue sepertinya ngga sendiri kalo lagi nulis di blog ini. Setelah gue liat-liatin lagi tulisan-tulisan gue, baru gue sadar kalo selama ini ada kehadiran si tukang nyinyir itu di blog gue! Emang sih ngga selalu ada, tapi lumayan sering juga kan dia nongol dan ikut nimbrung dalam percakapan imajiner ini? Dan komen-komennya itu mengganggu banget deeh. Rata-rata selalu bernada mencela. Cih!

Abis lu emang patut dicela sih!

Tapi gue pernah baca yah, kalo alter ego itu sebenernya bisa berguna kalo kita mampu mengendalikan kepribadiannya sehingga ngga mendominasi kepribadian utama. Ya balik lagi ke contoh artis-artis  tadi, mereka mampu menonjolkan alter egonya sehingga mereka malah sukses dalam karirnya. Trus bisa juga kalo seorang penulis yang punya alter ego, maka bisa juga "ke akuan" nya yang lain itu dia tuangkan dalam tulisannya sehingga si penulis itu bebas berekspresi disitu. Mungkin aja kan jadi tulisan  yang bagus...

Sekarang balik lagi ke gue.
Masalahnya kan alter ego gue ini ngga seberguna itu!!!! Cenderung menyebalkan malah kata gue mah. Lagian dipikir aja deh, mana ada coba orang nulis tapi malah berantem sendiri sama si alter ego dalam tulisan-tulisannya? Dan itu yang selama ini gue lakuin!

Nah kan sekarang keliatan siapa yang bego? Nye..nye..nye..nyee..nye..

Oh baiklah sang alter ego! Daripada lu nyinyirin gue mulu, lu kate gue Jokowi apah dinyinyirin terus! #eh
Mending sekarang gue mencoba berdamai aja ya sama elu. Biar gimana pun gue anggap elu masih bagian dari diri gue.
Nah, sekarang pertama-tama lu mesti bernama dong. Bagusnya lu gue kasih nama apa? Pilihannya yang 3 tadi udah gue sebut diatas (disambit-disambit deh).

Hihihi, lah kan selama ini gue udah punya nama. Dari jaman postingan elu dulu-dulu. Lu nya aja ngga nyadar.
Kenalin : Baim.


6 komentar:

  1. Utiiiie....
    Kalo dibeberapa novel yang kubaca sih ada yang namanya 'multiple personality disorder' yang mana mereka gak bisa mengendalikan si alter ego nya gitu...dan bisa bahaya banget...kayak film nya Jim Carey Me, Myself and irene itu lhoooo...

    Tapi kalo artis gitu sih biasanya mereka membangun sendiri karakter yang mereka inginkan ketika perform on stage gitu kan yaaah...biar lebih pede...

    Tapi kalo blogger kayak kita yang kalo posting suka ngomong dan ngoceh sendiri sih...sepertinya belum ada kategorinya deh....
    sedikit sarap kayaknya mah...hihihi...

    BalasHapus
  2. Ih aq ga bs bales komen! jd weh nulisnya dsini.
    Iyaa bi.. baca Sybil juga ga? atau Billy? itu mah udah bukan ganda lagi, keroyokan bi kepribadiannya. hihi

    Aq juga serem kl punya alter ego,sepertinya dia picik.huh! :D

    Eaaaa....kategorinya itu lah : sarap. hahahaha...eh tapi aq menemukan keasyikan ngomong sendiri didlm tulisan.nah loh. :))

    BalasHapus
  3. Alter ego tuh sama aja kayak kepribadian ganda ya? Atau beda?

    Ah, mungkin aku juga punya. Haha =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya sih sama, hihi (sok tau).

      Yeaay... sepertinya aku tak sendiri didunia ini..! :))

      Hapus
  4. Alter ego, ini kejadian dalam diri yang tersadar dan tidak. Sebanarnya ini bukan hal baru, tapi ternyata masih banyak yg belum tau ya. Menjawab sebuah pertanyaan saja kita dibayang-bayangi pilihan, padahal kalo milih satu juga gak apa2.

    Dunia emang gitu, penuh sandiwara. "Apalah ini.."

    Kunjungan pertama tulisanwortel.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Welcome to my freaking world, Pangeran :D maaf kalo blog ku ini berbau ke-absurd-an..hehhe. Kenalin newbie : Utie, dan alter ego nya : Baim ^^

      Ya, Heru Arya si kepribadian utama kan? Alter ego nya sang pangeran..hehehe

      Hapus