Rabu, 24 September 2014

Maeundakbal : Ceker Pedas Korea

Korean lovers... suka kaya gue gak sih kalo lagi nonton drama korea? Ujug-ujug ngiler gituh kalo liat para pemerannya makan Teokpokki, Jjajangmyun, Korean Spicy Chicken, atau Maeundakbal alias ceker pedes? Dan kita terlalu kere *kita? gue aja keleeeuuss* untuk menjajaki resto-resto korea yang mulai menjamur disekitaran Bandung demi memuaskan hasrat itu.Yang udah-udah mah pengalaman pribadi gue kalo liat teokpokki maka untuk meredam keinginan makan kue beras ala korea itu gue buru-buru bikin seblak kerupuk yang puedesss, hahaha.. 


Atau kalo kebelet pengen Jjajangmyun maka gue ngibrit ke dapur  nyari Indomie Goreng, lalu melanjutkan nonton sambil makan mie goreng. Paling banter beli mie ayam lah biar rada-rada mendekati.. Pernah suatu saat gue makan yamin baso sama sang suami, taunya si kecapnya itu kebanyakan dong..Berhubung gue orangnya lebih suka menghidari konflik alias males komplen ke si tukang baso, maka yamin berpenampilan hitam itu pun gue lahap aja sambil dalem hati membayangkan kalo itu Jjajangmyun *kesian banget kan gue* hahahahaha....

Suatu saat dibulan puasa kemaren gue ada acara buka bersama bareng temen-temen eks kantor lama gue di Ciwalk, kebeneran hari itu gue dapet voucher yogya dari kantor.. Iseng-iseng lah gue ke yogya supermarket menukarkan itu voucher..Eeh pucuk dicinta ulam tiba, nemu dah tuh si pasta cabe korea yang merupakan bumbu dasar dari rata-rata masakan korea yang pedes-pedes, harganya lumayan lah yaa, 1 box 500gram gochujang sekitar 38 ribu-an (tapi kadang beda-beda ditiap toko).
.
Ini penampakannya


Dari situ, mulai lah gue bereksperimen bikin maeundakbal, cari-cari resepnya di internet lah, sebisa mungkin yang bahan-bahannya udah disesuaikan sama lidah orang Indonesia alias bumbu-bumbunya ngga saklek harus asli ala koreanya. Percobaan pertama, rasanya wuiiihhhh...........KAGA ENAK! Rasanya ngga familiar di lidah plus karena godok cekernya kurang lama, itu si kaki ayam masih keras bo! Gue sih positive thinking aja lah yaa, pasti ini karena lidah gue ngga biasa dengan bumbu dapur negeri gingseng itu, bukan karena gue kaga bisaeun masak loohh... bukaaan...

Abis gitu gue mulai eksperimen lagi, budget jajan gue alokasikan untuk beli ceker, hahaha... Setelah gue mikiiiirr apa yang kurang pas di lidah gue, akhirnya gue kasih bawang bombay tuh yang banyak, coz menurut gue bawang bombay itu kan dasarnya manis yah (di percobaan pertama ngga gue kasih karena ngga ada, hahaha, padahal resep dari internet kudunya pake bombay), lalu gue kasih irisan rawit, gue kasih gula, aer kaldu godokan cekernya dan bumbu-bumbu penunjang lainnya.

Akhirnyaaaa, alhamdulllillah itu ceker enak! Udah pas dilidah lah, dan layak dikonsumsi, hihi. Buktinya pacarnya ade gue demen (ampe dia bolak-balik minta dibikinin ) anak gue yang paling gede juga doyan loh padahal selama ini dia ngga pernah mau icip-icip masakan begituan. Sohib gue pun doyan... *ceritanya gue sebar-sebarin tu ceker ke orang-orang terdekat suruh icip-icip* Pokoknya testimoninya membahagiakan gue lahir dan batin dwehh.

ceker pedas korea
Maeundakbal ala Gue. Gochujang itu warna merahnya emang menggoda loh!

Nah, sekarang gue mau berbagi resepnya nih. Ini mah ceker pedes ala Korea dimana ke-Korea-an nya cuma terletak pada penggunaan bawang bombay, bawang putih, gochujang dan minyak wijen. Ngga pake mirin-mirinan gitu apalagi kecap asin sama taburan wijen. Kalo ceker pedes Korea ala gue mah nih ya, bahan-bahannya cuma ini :

#(untuk setengah kilo ceker) Bumbu-bumbu yang diperluin adalah :
1 buah bawang bombay berukuran sedang-besar, cincang halus
4-5 siung bawang putih, cincang halus
Minyak sayur 
1 sendok makan minyak wijen untuk tambahan menumis
2-3 sendok makan gochujang atau sesuai selera
Irisan atau ulekan cabe rawit sesuai selera (gochujang yang gue beli level pedesnya sedang)
Irisan daun bawang sesuai selera
Gula pasir
Royco ayam / garam
2-3 gelas kaldu godokan ceker

Cara bikinnya gini nih....
Pertama-tama godok dulu cekernya sampe lumayan empuk yaaa... Kalo gue sih dikasih royco rasa ayam juga seperempat bungkus, aer kaldunya jangan dibuang... Kalo udah cukup empuk cekernya, tiriskan.

Tumis bawang bombay cincang, bawang putih cincang, irisan daun bawang, cabe rawit, pake satu sendok minyak wijen campur minyak goreng biasa (karena gue ngga terlalu suka kalo bau minyak wijennya terlalu menyengat) sampe wangi. Abis gitu masukin gochujang nya sambil diaduk-aduk, lalu aer kaldu secukupnya dulu sampe si pasta cabe dan bumbu tumisanya tercampur rata.

Baru deh masukin ceker yang udah digodok tadi sambil dituang juga sisa aer kaldunya. Ngga usah sampe kerendem penuh lah yaa, kaya kalo kita mau bikin ungkep ayam ajaa. Nah, kl udah gitu tinggal masukin gula pasir sesuai selera sama sisa royco ayamnya. Kalo kurang asin sih tinggal digaremin aja, tapi selera gue mah manis pedas sih. Tunggu deh sampe aernya udah berkurang/sat. Yang ngga suka pake royco atau bumbu-bumbu kaya gitu, bisa cuman pake gula dan garem aja sih sesuai selera :)

Saran gue sih pas godok cekernya yang pertama jangan sampe empuk banget, toh ntar dia diungkep juga kan sama bumbu-bumbu tadi. Jadi ntar hasilnya ngga terlalu lembek cekernya,tapi tergantung selera sih. Rasa ceker pedes ala gue yang sok Korea ini beda ya sama seblak ceker tradisional yang beredar di pasaran, karena bumbu dasarnya aja udah beda. Tapi menurut gue sih lebih meng-Indonesia gitu (rasanya cocok untuk lidah kita) gayanya aja sok2an Korea hehehehe...

So, selamat mencoba ya *kali aja ada yang baca postingan gue ini*
Oh iya, resep itu gue modif juga sesuai selera anak gue yang ngga pada terlalu suka ceker, jadi si cekernya itu diganti dengan sayap ayam crispy (^^) Anggep aja daaah chicken bonchon... hehehhehe...

15 komentar:

  1. Utiiiiie...
    ternyata si pasta itu harganya gak terlalu mahal yaaah?
    Lumayan juga sih buat nyetok di kulkas gitu yah...
    *taro aja di kulkas, dipakenya mah kapan2 aja*

    Sok atuh kirimin cekernya kerumaaaah....
    aku kan doyan makan ceker :)

    BalasHapus
  2. Aah kalo aku kirim cekernya kerumah mu ntar kasiaan dong c mamang2 seblak ceker langganan mu :)) kehilangan 1 pelanggan *cie sok enak gitu*
    Sok atuh Bi, beli ajaa gochujang nya, tapi kalo buat coel lalapan mah aku ga rekomen yaaa... :D

    BalasHapus
  3. Ternyata seblak ceker juga ada di korea ya..hi..hi... Ini mah makanan favorit anak saya, kalo ngumpul sama sepupunya pasti buat seblak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Mba, kl bikinnya ala-ala kita rasanya ngga terlalu aneh ko, hihi, tapi sesuai selera siih. Lagian kalo buat anak-anak pasta cabe itu ngga pedes ko... tapi liat2 aja dulu kalo mau beli, di boxnya emang ada level2 pedesnya..

      Hapus
  4. akhirnya aku berhasil bikin sendiri juga setelah muter2 nyari ga nemu yg jual mba >,<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoho...pake resep yang inikah? Emang enakan bikin sendiri mpie :D puasss makannya...

      Hapus
  5. Pernah bikin ini nih aku. Tapi krna gak punya pasta cabe khas Korea, jdi pake apa cobak? Bubuk cabe indomie (lbh dr 20 saset). Rasanya maknyoss bikin bibir jeding. Hahaha
    Iya, si gue hobinya nimbun bubuk cabe indomie.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asin kan mak kl pake bubuk cabe? Ada loh bubuk cabe Korea di supermarket sekantong guede hrgnya 100rb-an. Tapi ga tau yah pedes apa ngga. Soalnya Korea mah cabenya entah cabe apa. Merah doang tp ga pedes..
      Wkkk... kirain niat beli Indomie se-dus trus diambilin bubuk cabenya doang :))) *mie nya dibuang* Hahahahaha

      Hapus
  6. wah ini juga enak sepertinyaaaa, langsung nyatetin resepnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enyaaakk.. sok atuh cuss bikin teh...

      Hapus
  7. klo ga suka ceker, bisa kali yahh di ganti sayap ayam,, makasih resepnya, mau cobaaa,,,, kayaknya enaaakk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget!! Lebih enak kalo sayap ayamnya dibikin crispy dulu ^^ Met nyoba resepnya ya!

      Hapus
  8. Itu pasta untuk sausnya halal gk?

    BalasHapus
  9. Saya pikir cuma orang indo aja yang mau ngolah ceker jadi makanan. Ternyata ada negara lain yang mau ngolah sikil le pitik,
    ada air diatas langit

    BalasHapus