Rabu, 24 September 2014

Polemik Matematik



Whoaa...udah lama banget ga nyambangin blog... sejak puasa gue berasa males-malesan gitu nulis..padahal konsep mah banyak.. Yah my middle name kan “angin-anginan”.

Ngomong2 soal konsep nih..lagi happening banget tuh ngebahas soal konsep PR-nya anak kelas 2 SD yang kalo diliat sekilas sih sepele yah... masalah 4+4+4+4+4+4=....x....=.... Si bocah yang dibantuin
kakaknya ngerjain soal itu dapet nilai 20 karena menurut gurunya konsep jawabannya salah. Si bocah menjawab soal itu 4x6=24, sementara menurut konsep sang guru jawabannya harusnya 6x4=24. Meskipun sama2 hasilnya 24, tapi cara pengerjaannya salah maka salah pula jawabannya. Heboh lah tuh jagad dunia pendidikan, kek ngga ada yang lebih penting aja daripada soal 4x6 dan 6x4 (-_-“)

Terus terang ya, gue kalo dikasih soal itu pasti jawabannya 4x6 karena logikanya itu angka 4 nya ada 6 *yaa ini mah logika cetek emak2 aja* Tapi lantas turun tanganlah para pakar mengomentari masalah tersebut. Hasilnya memang bakalan sama aja 4x6 atau 6x4 = 24 *kata orang awam ya, kalo kata tukang poto mah 4x6=1000 bhuahahahahaha*, yang jadi masalah yaitu konsepnya. Lalu berdebatlah mereka bla bla bla...Malah Mendikbud juga ikut sumbang pendapat, katanya jawaban si anak ngga salah karena dia berpikir sesuai nalarnya. Ketika konsep gurunya ngga nyampe ke si anak, maka tugas guru lah yang menjelaskan bahwa konsep perkalian itu bla bla bla sehingga mengapa jawaban yang benar adalah 6x4 bukan 4x6...

Yang mengganjal buat gue, menurut pandangan orang awam sih itu soal jawabannya 4x6, toh yang bantuin si bocah ngerjain PR adalah abangnya yang notabene adalah mahasiswa. Yang jadi masalah, itu matematik anak SD tuh tujuannya mengajarkan dasar berhitung apa ngajarin konsep berhitung sih? Ada yang bilang bahwa konsep itu penting diajarkan, karena berkaitan dengan implementasi. Apa bener sekarang tuh segitu pentingnya menanamkan sebuah konsep di otak seorang bocah supaya nanti dia ga salah menerapkan implementasinya? Tujuannya sebuah konsep berhitung buat apa sih?

Menurut gue yang awam dan bukan sedang berusaha sok intelek, konsep itu ga sepenting yang di gadang-gadang. Tergantung situasi dan tujuannya juga lah yaa.. Ngebayangin pikiran seorang anak yang sudah terkonsep itu menurut gue malah sedikit mengerikan.... Kenapa? karena nanti dia ngga bisa berpikir out of the box... Kreativitas berpikirnya akan terbatas. Padahal dunia dan isi otak anak-anak itu ngga bisa diatur dalam sebuah konsep.

Lagipula konsep itu bukan ngga mungkin bakalan berubah toh? Yaa pengalaman aja sih, jaman gue SD dulu kaga pernah tuh dipermasalahin soal kaya diatas, and I’m fineee... Ngga sampe kena kasus juga sih yang berkaitan dengan kesalahan konsep mengalikan bilangan. Kecualiiii elu dateng ke tukang poto mau afdruk pas foto 4x6 lu bilang 6x4, tentu hasilnya berbeda. Tapi itu kan bukan tentang konsep berhitung, toh sama abang2 tukang potonya bukan mau dikaliin 4 foto jadi 6, tapi tentang ukuran panjang kali lebarnya khaaan....

Salah satu contoh nyata tentang konsep yang berubah adalah urutan planet di tata surya yang jaman baheula elu mati-matian ngapalin urutannya : MERVEBUMYUSUNEP atau singkatan lainnya yang merupakan kepanjangan dari Merkurius-Venus-Bumi-Mars-Yupiter-Saturnus-Uranus-Neptunus-Pluto.  Nah masalahnya sekarang kan si Pluto ini udah ga diakui lagi sebagai planet terjauh tuh. Jadi kalo bicara konsep yang udah tertanam di otak gue dari kecil dan sekarang konsep itu berubah, lalu sebenernya salah siapa *salah gue?? Salah temen2 gue??* Ngga ada yang berani jamin kan suatu saat konsep yang kita gadang-gadang dan dianut sebagian besar umat manusia akan berubah??

Kemaren gue sempet share status tentang galau konsep ini di facebook, jawabannya beragam kan...Satu contoh yang pola pikir dan konsep yang dianutnya udah menyimpang dari kecil adalah yang komentarnya : “Kalo aku sih tau-nya 4x4 = 4 wheel drive”... Nah kalo udah gitu gimana? Salah bunda mengandung kah? :))))

Indonesia tuh begini nih, suka ngeributin hal-hal yang kesannya remeh.. Tapi ada juga sih yang berpendapat konsep berhitung itu masalah besar. Konsep itu memang penting, tapi konsep yang gimana dulu nih, buat siapa dulu nih? Buat gue mah konsep etika dan tata krama lah yang paling penting diajari sejak dini, konsep berhitung mah ibarat pribahasa “banyak jalan menuju roma” lah yaa... Tapi etika dan tata krama itu kan mutlak karena berkaitan dengan moral dan budi pekerti si anak dimasa depan. Orang luar negeri mah ya, lebih khawatir anaknya ngga bisa antri daripada ngga bisa ngebedain 4x6 sama 6x4...!! Jadi intinya skala prioritas itu penting dipahami yah.. Buat gue mah lebih penting anak gue tau bahwa Tangkuban Perahu itu dibikin sama Sangkuriang, bukan sama Roro Jonggran, biar ga misleuk dan diketawain orang sedunia kaya salah satu tokoh politik yang oon itu loh...

Tapiiii ya sudah lah yaa.. Ini kan cuman opini seorang emak-emak yang jaman sekolah dulu nilai matematiknya selalu dikatrol guru..hahahaha... Dan konsep yang gue anut mengenai hitungan cuman ini : 4x4=16, sempat ngga sempat harus dibalas... ahahahahahhaaaa.. 
Okei. Garing.

0 komentar:

Posting Komentar