Whoaa...udah lama banget ga
nyambangin blog... sejak puasa gue berasa males-malesan gitu nulis..padahal
konsep mah banyak.. Yah my middle name kan “angin-anginan”.
Ngomong2 soal konsep nih..lagi
happening banget tuh ngebahas soal konsep PR-nya anak kelas 2 SD yang kalo
diliat sekilas sih sepele yah... masalah 4+4+4+4+4+4=....x....=.... Si bocah
yang dibantuin
kakaknya ngerjain soal itu dapet nilai 20 karena menurut gurunya konsep jawabannya salah. Si bocah menjawab soal itu 4x6=24, sementara menurut konsep sang guru jawabannya harusnya 6x4=24. Meskipun sama2 hasilnya 24, tapi cara pengerjaannya salah maka salah pula jawabannya. Heboh lah tuh jagad dunia pendidikan, kek ngga ada yang lebih penting aja daripada soal 4x6 dan 6x4 (-_-“)
kakaknya ngerjain soal itu dapet nilai 20 karena menurut gurunya konsep jawabannya salah. Si bocah menjawab soal itu 4x6=24, sementara menurut konsep sang guru jawabannya harusnya 6x4=24. Meskipun sama2 hasilnya 24, tapi cara pengerjaannya salah maka salah pula jawabannya. Heboh lah tuh jagad dunia pendidikan, kek ngga ada yang lebih penting aja daripada soal 4x6 dan 6x4 (-_-“)
Terus terang ya, gue kalo dikasih
soal itu pasti jawabannya 4x6 karena logikanya itu angka 4 nya ada 6 *yaa ini
mah logika cetek emak2 aja* Tapi lantas turun tanganlah para pakar mengomentari
masalah tersebut. Hasilnya memang bakalan sama aja 4x6 atau 6x4 = 24 *kata
orang awam ya, kalo kata tukang poto mah 4x6=1000 bhuahahahahaha*, yang jadi
masalah yaitu konsepnya. Lalu berdebatlah mereka bla bla bla...Malah Mendikbud
juga ikut sumbang pendapat, katanya jawaban si anak ngga salah karena dia
berpikir sesuai nalarnya. Ketika konsep gurunya ngga nyampe ke si anak, maka
tugas guru lah yang menjelaskan bahwa konsep perkalian itu bla bla bla sehingga
mengapa jawaban yang benar adalah 6x4 bukan 4x6...
Yang mengganjal buat gue, menurut pandangan orang awam
sih itu soal jawabannya 4x6, toh yang bantuin si bocah ngerjain PR adalah
abangnya yang notabene adalah mahasiswa. Yang jadi masalah, itu matematik anak
SD tuh tujuannya mengajarkan dasar berhitung apa ngajarin konsep berhitung sih?
Ada yang bilang bahwa konsep itu penting diajarkan, karena berkaitan dengan
implementasi. Apa bener sekarang tuh segitu pentingnya menanamkan sebuah konsep
di otak seorang bocah supaya nanti dia ga salah menerapkan implementasinya? Tujuannya
sebuah konsep berhitung buat apa sih?
Menurut gue yang awam dan bukan sedang
berusaha sok intelek, konsep itu ga sepenting yang di gadang-gadang. Tergantung
situasi dan tujuannya juga lah yaa.. Ngebayangin pikiran seorang anak yang
sudah terkonsep itu menurut gue malah sedikit mengerikan.... Kenapa? karena
nanti dia ngga bisa berpikir out of the box... Kreativitas berpikirnya akan
terbatas. Padahal dunia dan isi otak anak-anak itu ngga bisa diatur dalam
sebuah konsep.
Lagipula konsep itu bukan ngga
mungkin bakalan berubah toh? Yaa pengalaman aja sih, jaman gue SD dulu kaga
pernah tuh dipermasalahin soal kaya diatas, and I’m fineee... Ngga sampe kena
kasus juga sih yang berkaitan dengan kesalahan konsep mengalikan bilangan.
Kecualiiii elu dateng ke tukang poto mau afdruk pas foto 4x6 lu bilang 6x4,
tentu hasilnya berbeda. Tapi itu kan bukan tentang konsep berhitung, toh sama
abang2 tukang potonya bukan mau dikaliin 4 foto jadi 6, tapi tentang ukuran
panjang kali lebarnya khaaan....
Salah satu contoh nyata tentang konsep yang
berubah adalah urutan planet di tata surya yang jaman baheula elu mati-matian ngapalin
urutannya : MERVEBUMYUSUNEP
atau singkatan lainnya yang merupakan kepanjangan dari Merkurius-Venus-Bumi-Mars-Yupiter-Saturnus-Uranus-Neptunus-Pluto. Nah masalahnya sekarang kan si Pluto ini udah ga diakui lagi sebagai
planet terjauh tuh. Jadi kalo bicara konsep yang udah tertanam di otak
gue dari kecil dan sekarang konsep itu berubah, lalu sebenernya salah siapa *salah gue?? Salah temen2 gue??* Ngga ada yang berani jamin kan suatu saat konsep yang kita gadang-gadang dan dianut sebagian besar umat manusia akan berubah??
Kemaren gue sempet share status
tentang galau konsep ini di facebook, jawabannya beragam kan...Satu contoh yang
pola pikir dan konsep yang dianutnya udah menyimpang dari kecil adalah yang
komentarnya : “Kalo aku sih tau-nya 4x4 = 4 wheel
drive”... Nah kalo udah gitu gimana? Salah bunda
mengandung kah? :))))
Indonesia tuh begini nih, suka
ngeributin hal-hal yang kesannya remeh.. Tapi ada juga sih yang berpendapat
konsep berhitung itu masalah besar. Konsep itu memang penting, tapi konsep yang
gimana dulu nih, buat siapa dulu nih? Buat gue mah konsep etika dan tata krama
lah yang paling penting diajari sejak dini, konsep berhitung mah ibarat
pribahasa “banyak jalan menuju roma” lah yaa... Tapi etika dan tata krama itu
kan mutlak karena berkaitan dengan moral dan budi pekerti si anak dimasa depan.
Orang luar negeri mah ya, lebih khawatir anaknya ngga bisa antri daripada ngga
bisa ngebedain 4x6 sama 6x4...!! Jadi intinya skala prioritas itu penting
dipahami yah.. Buat gue mah lebih penting anak gue tau bahwa Tangkuban Perahu
itu dibikin sama Sangkuriang, bukan sama Roro Jonggran, biar ga
misleuk dan diketawain orang sedunia kaya salah
satu tokoh politik yang oon itu loh...
Tapiiii ya sudah lah yaa.. Ini kan cuman opini
seorang emak-emak yang jaman sekolah dulu nilai matematiknya selalu dikatrol
guru..hahahaha... Dan konsep yang gue anut mengenai hitungan cuman ini : 4x4=16,
sempat ngga sempat harus dibalas... ahahahahahhaaaa..
Okei. Garing.
0 komentar:
Posting Komentar