Rabu, 28 Mei 2014

Me and My OCD

OCD yang gue maksud disini adalah OCD yang emang udah dari sononya merupakan singkatan dari Obsessive Compulsive Disorder, bukan diet si Om Dedy yang disingkat OCD biar trend gitu yaa...

OCD yang ini merupakan gangguan psikologis. Bukan diet.
#dalam blog ini DIET adalah TABU


So, let me introduce this OCD..
Dalam bahasa kita sih OCD itu Gangguan Obsesif Kompulsif, yang konon katanya merupakan kondisi dimana individu tidak mampu mengontrol dari pikiran-pikirannya yang menjadi obsesi yang sebenarnya tidak diharapkannya dan mengulang beberapa kali perbuatan tertentu untuk dapat mengontrol pikirannya tersebut untuk menurunkan tingkat kecemasannya. Gangguan obsesif-kompulsif merupakan gangguan kecemasan dimana dalam kehidupan individu didominasi oleh repetatif pikiran-pikiran (obsesi) yang ditindaklanjuti dengan perbuatan secara berulang-ulang (kompulsi) untuk menurunkan kecemasannya. Bisa liat disini selengkapnya mah 

Naah, kenapa tiba-tiba pengen bahas OCD??


*uhuk!*
 Gue punya teori kalo gue itu ada kecenderungan mengidap OCD, meskipun menurut hasil riset kecil-kecilan gue siiih tahapnya ringan laah (riset : gugling. Haha) Yah, kelas bulu laah kalo dalam dunia per-tinjuan mah...  Soalnya gue itu punya beberapa ciri yang mengindikasikan bahwa gue ada kecenderungan ke si-OCD tadi. Seinget gue sih gejala-gejala yang dominan (dalam kasus gue) diantaranya :

1. Suka BANGET beres-beres

Beres-beres itu kalo buat kaum hawa pan kodrat yah (maksudnya udah jadi keseharian), tapi kalo dalam persepsi gue beres-beres itu lebih dari sekedar wajib, tapi semacam jadi kebutuhan yang akut Sangat mempengaruhi mood loh, kalo ga dilakonin bikin gelisah dan ga tenang. Dikerjakan dengan membabi buta, seringnya ga tau waktu dan kadang-kadang dilakukan secara ga sadar (misalnya pas lagi ngobrol-ngorbol sama sohib gue di rumah, si tangan ini ujug-ujug aja ngerapiin sesuatu. Atau pas nongkrong di teras sambil ngopi-ngopi cantik sama misua, gatel aja kalo ga sambil sapu-sapu). Percaya ngga, gue kan 3 tahun lalu kena cacar air pas lebaran, dalam keadaan gue lagi panas-dingin gitu gue masih ngga bisa berhenti beres-beres dong! Alhasil yang kudunya gue dikarantina di kamar ngga boleh kemana-mana, akhirnya malah nyebarin wabah ke seantero rumah :D Gue sama bocah-bocah kompakan cacar air, hihihi.

Lalu, gue itu ya beresin seprei yang kusut dalam sehari ga akan keitung...! Ga suka pokoknya kalo  seprei kusut-kusut ga jelas atau bertebaran jejak remah-remah yang ditinggalkan bocah-bocah. Anak-anak gue dan sang suami pun udah mafhum banget kalo tiap dari luar atau darimana pun, pasti akan di “eksekusi” sama gue dengan berbekal washlap (cuci tangan, cuci kaki, dan cuci muka adalah 3 hal wajib jika mereka pengen masuk ke teritorial gue). Kebangeten kan??

Gue kalo pulang gawe yah, liat sendal-sendal bertebaran di teras itu rasanya nyesekk bo, sambil masih menyandang tas dan belom buka sepatu-sepatu acan gue langsung merapikan itu sendal-sendal ga tau diri! Ga bisa ditunda! Harus dikerjain saat itu juga. Kalo ngga  gue bakalan morang-maring. My blood pressure depends on those flip flops!! *geez*

Dan di kantor pun *FYI: gue kerja di lembaga adopsi Jawa Barat, Non Goverment Organization gitu* boleh dicek, meja kerja gue doang yang rapih dan pantang ada berkas-berkas bertebaran.. Kalo liat meja orang tuh, bawaannya pengen buang-buangin aja benda-benda yang bergeletakan diatasnya. Apalagi nih meja kerja temen gue, si Ibu Asrama Wisma Lansia, beuhhh bikin mati berdiri nahan keinginan untuk beresiiin!! Segala macem barang ada di meja doi, bikin gue garuk-garuk alergi aja kalo duduk disitu.

2. Suka sama benda-benda yang terorganisir dan berurutan

Mengurutkan benda-benda itu yah, obsesi buat gue. Misalnya nih duit di dompet kudu berurutan tuh posisinya, dari yang paling gede nominalnya sampe yg paling kecil. Eaaa kaya yang he-eh, padahal isinya paling banter gocengan ama serebu-dua rebuan doang. Trus biasanya gambar-gambar pahlawannya kudu menghadap ke depan. She's freak, huh?
Buku-buku dirak juga gitu, gue usahakan susunannya ngga amburadul. Dari yang ukurannya bongsor sampe boncel. Yah, gue usahain itu mah, soalnya seringnya mah di acak-acak bocah-bocah dirumah. Tapi ngga kapok juga sih gue urutin lagi meskipun sambil morang-maring dan ngomel-ngomel.

Emang siih seringnya barang-barang dirumah gue posisinya ga ideal yah, faktor rumah segede kandang embe dan anak tiga tea apal kali lah. Dan gue pun ngga sampe stress atau ada niatan bunuh diri *amit-amit ih* gara-gara segala sesuatu dirumah berserakan dan ga rapi... Tapii tetep aja gue mah ga kaya temen-temen gue yang lain yang bisa santai rumahnya kaya kapal pecah... Hati gue ga tenang ajah, gatel banget kalo ga merapihkan sesuatu! Pulang kerja itu adalah saat-saat dimana tekanan darah gue naek deh kayanya. Soalnya, pulang dalam keadaan cape trus menemukan rumah kaya abis kena tsunami itu sesuatu pisan.

Dan tau ga, yang paling bikin gue nyesek dan darting itu yah, kalo ada yang abis baca koran lalu si tersangkanya itu ngelipet-ngelipet korannya secara ga berkeprimanusiaan dan ga beraturan alias ngasal doang *ya awloohh apa salah Baimmm* Dan gue kalo udah terlalu napsu ngeliat  koran-koran berlipetan ga jelas, seringnya gue keremes-keremes aja itu koran! Tapi udah gitu gue lipat baik-baik lagi dong! <-- Sakit beneran nih orang.

Aah, sebenernya masih banyak gejala ke-OCD an gue yang dalam tingkat mengkhawatirkan, saking banyaknya gue sampe lupa apa aja. Yang kesian sih anak-anak gue dan sang suami kayanya yah, dikit-dikit di suruh cuci kaki-cuci tangan, mau naek ke tempat tidur di lap-in dulu kakinya, makan berceceran diomelin , lagi tiduran kadang di "hus..hus" demi merapikan seprei XD. Dan tau ngga, kalo anak-anak jajan atau beli makanan ringan macem biskuit-biskuit gitu, gue usahain ngga beli makanan yang gampang ancur atau berantakan. Gery Chocholatos atau Fullo itu biasanya masuk list makanan terlarang, apalagi sebangsa rengginang atau teng-teng. Hihihihihi, kecuali makannya di teras rumah dengan pertimbangan gampang nyapuinnya. Ahahahahhaha..parah kan...

Tapi untungnya gue ngga sendiri! Ada dong 2 orang sahabat durjana gue yang kelakuannya ngga jauh beda sama gue. Tapi yang satu sih ngga separah yang lain.
Sebutlah yang sama parahnya kaya gue namanya Bella *cih kebagusan banget!*
Si Bella ini kelakuannya juga gitu, baru ketauan pas kita curhat-curhatan di grup chatting durjana. Dia juga tuh tipe perempuan yang bisa uring-uringan hanya karena selimut di tempat tidurnya diberantakin orang, atau bantal-bantal dikasurnya ngga bertumpuk sesuai keinginan. Hahaha..sakit juga kan? Kalo dalam kasus gue selalu ada washlap stand by dalam jangkauan gue, kalo dikasus si Bella ini selalu ada tissue basah siap tempur. Wakakaka... <-- Sesama "sakit" aja bangga, beuh!


Note : Penyakit ngga elite ini sengaja gue kategoriin OCD yah, meskipun (mungkin) bukan. Biar gaya aja atuh!
  

5 komentar:

  1. Sherlock Holmes juga berarti kena OCD ya =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sherlock Holmes terobsesi kebersihan yah? :D
      bisa jadi tuh bisa jadi.. hehehe

      Hapus
  2. Kala saya persiiiis model rajin beberes beginian.suaminya malah minta ampun deh.bukannya duduk ngeteh nemenin suami eh malah nyari sapu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeaaay senangnya ada teman senasip, hihihi..
      Ini dorongan hati yang ngga bisa di kontrol sih...daripada uring2an mending beres2 XD

      Hapus
  3. Yawlaaaa mak, lo sama gue beda 360 derjat. Gueee?? Gk usah ditanya mak!! Ahahaha

    BalasHapus