Selasa, 26 April 2016

Fangirling Things


Ada yang tanya,
"Tie, kok sekarang di DP BBM lo ga pernah tayangin slide show cowok-cowok sipit lagi sih? Udah bosen ya sama Korea-koreaan?"  (((slide show))) 

Gue jawab,
"Ngga juga, siapa bilang gue bosen? Bias gue makin banyak malah! Sekarang gue cuma pindah tempat aja spazzing-nya, ngga di BBM sama FB lagi. Lebih asyik di Twitter sih, soalnya rata-rata pengguna Twitter itu punya prinsip "I don't give a fv*k" alias ngga pedulian. Jadi lo bebas mo ngapain aja, haha. Gue? Berhenti fangirling-an? Kapan-kapan yee..."

"Bias? Spazzing? Fangirling-an? Pa'an tuh?"

"................"

Istilah-istilah dalam dunia fangirling emang aneh-aneh ya, dan banyak juga istilah yang gue sendiri baru tau setelah gue menekuni dunia ini. (((Menekuni)))
*Maaf yaa, mbak! Istilah "fangirl" itu buat cewek-cewek ABG.  Situ mah udah umuran, lebih tepatnya "fanwoman" keleus.*  
YA UDAHLAH TERSERAH AJA SIH!

Kembali ke laptop.
Untuk sebagian orang mungkin masih kurang familiar dengan istilah-istilah dalam dunia fangirling. Kebanyakan istilah memang berasal dari bahasa slang (gaul) Inggris dan Korea. Jadi kalo kita cari artinya di Google Translate, dijamin ngga bakalan tepat. Beberapa istilah bahkan ngga terdeteksi mesin penerjemah google tersebut. 

Berikut adalah istilah-istilah yang umum digunakan dalam dunia Fangirling-an yang gue coba rangkum dalam postingan ini :

1. Fangirl & Fanboy  
Fangirl adalah sebutan untuk seseorang (perempuan) yang terobsesi atau menggemari sesuatu/seseorang/grup. Dan Fanboy adalah sebutan untuk penggemar laki-laki.

2. Fangirling, Fanboying, & Spazzing 
Ketika istilah Fangirl/Fanboy disematkan akhiran -ing, maka istilah tersebut menjadi sebuah kata kerja yang berarti "sedang melakukan" (tentunya menurut kamus bahasa slang ya, haha). Fangirling, Fanboying dan Spazzing memiliki arti yang kurang lebih sama, yaitu kegiatan yang biasanya dilakukan oleh seorang penggemar yang berkaitan dengan hal-hal yang digemarinya. Contohnya : mencari berita-berita tentang idola, menyebarkan informasi mengenai hal-hal kegemarannya di media sosial, membuat meme atau mengedit foto dan video musik/film/drama, berinteraksi dengan sesama penggemar dan saling berbagi informasi.

3. Fandom / Fanbase / Fansite / Fancafe
Fandom sendiri merupakan singkatan dari Fan Kingdom. Bisa kita artikan juga sebagai sebuah grup atau komunitas yang berisi sekumpulan penggemar yang mempunyai idola orang/kelompok atau sesuatu hal yang sama. Fandom biasanya merupakan sebuah komunitas resmi yang dibentuk oleh penggemar dan dinamai oleh idola yang mereka usung dan menjadi panggilan untuk para penggemar yang tergabung didalamnya. Contoh : Fandom BTS (Bangtan Boys) adalah ARMY, jadi sebutan untuk seseorang yang nge-fans terhadap BTS adalah ARMY. Gue ARMY, hehe. *GA NANYA!*

Fanbase/Fansite sebenarnya sama-sama merupakan sebuah wadah atau komunitas tempat berkumpulnya para penggemar untuk saling berinteraksi dan berbagi informasi mengenai idola atau hal-hal yang mereka sukai. Fanbase/Fansite biasanya dikelola oleh seorang atau beberapa orang penggemar.

Fancafe hampir sama dengan Fanbase/Fansite, yaitu sebuah forum atau komunitas para penggemar. Yang membedakannya adalah pada umumnya fancafe ini merupakan forum official dari seorang idol atau grup idol. Fancafe biasanya merupakan forum berbayar alias tidak gratis untuk dapat tergabung didalamnya. Isinya adalah informasi-informasi yang dirilis langsung oleh para artis/manajemennya, atau orang yang ditunjuk secara resmi.

4. Fanwar
 Dari arti harfiah "fan" dan "war' sendiri kita sudah bisa simpulkan bahwa fanwar adalah perang antar fans. Perang dalam hal ini tentunya dilakukan di dunia maya (media sosial) dan bukan berupa perkelahian secara fisik. Haha. Fanwar biasanya dipicu dari saling ledek antar fans dari fandom yang berbeda (bisa jadi dalam fandom yang sama), kesalahpahaman atau miskomunikasi antar sesama penggemar. Fanwar biasanya dipicu oleh fans yang immature alias belum dewasa dan gemar melebih-lebihkan masalah.

5. Bias
Adalah seseorang yang diidolakan atau paling disukai dan merupakan pilihan dari fans itu sendiri. Bias tidak berarti satu orang untuk setiap penggemar, bisa jadi dia mempunyai beberapa bias sekaligus. Dalam dunia fangirling, terdapat beberapa kategori istilah lain yang berkaitan dengan bias. Yang pertama adalah Ultimate Bias, yang artinya bias yang paling utama. Jelas, ultimate bias ini berarti satu orang yang paling diutamakan/disukai oleh penggemar. Yang kedua adalah Bias Wrecker, artinya adalah seseorang yang berpotensi mengalihkan perhatian seorang fans dari bias/ultimate bias-nya.
Sebagai contoh : Bias gue di dunia Kpop dan Kdrama ini lumayan banyak, tapi ultimate bias gue cuma Jungkook dan bias wrecker gue adalah Jimin.

6. Comeback
Istilah comeback secara harfiah berarti kembali. Dalam dunia Kpop dan Kdrama, jika seorang artis, aktor/aktris atau sebuah idol grup comeback, berarti mereka akan tampil kembali di panggung hiburan. Comeback ini tidak berarti mereka vakum dari dunia keartisan dalam kurun waktu yang cukup lama. Bisa saja comeback-nya para idol tersebut hanya berselang beberapa bulan dari project terakhir mereka. Jika untuk para aktor dan aktris, comeback berarti mereka akan membintangin drama/film baru. Sedangkan untuk pada Kpop idol, comeback itu artinya akan ada single/album/MV baru.

7. MV (Music Video)
 MV biasanya kita sebut dengan istilah Video Klip. Yaitu sebuah video berdurasi pendek dari sebuah lagu yang biasanya menampilkan artis/grup yang menyanyikan lagu tersebut. Pada dasarnya MV adalah musik yang berbentuk video.

8. CF (Commercial Film)
Istilah ini adalah nama kerennya dari iklan. Hehe. 

9. Leader dan Maknae
Khusus untuk sebuah Idol Group, bisa berupa Band, Boyband atau Girlband, terdapat seorang Leader dan seorang Maknae didalamnya. Leader sudah jelas artinya adalah pemimpin (grup), sedangkan Maknae berarti personel atau member yang termuda didalam grup tersebut.

10. Sasaeng Fans
Istilah ini berasal dari bahasa Korea. Sasaeng fans berasal dari kata  sasaenghwal (ė‚Žėƒí™œ) yang artinya privacy/private life atau kehidupan pribadi seseorang, dan fans (penggemar). Jadi kalau digabung, Sasaeng Fans adalah seorang penggemar yang terobsesi (berat) terhadap kehidupan pribadi idola mereka.  Mereka seperti penguntit (stalker). Mereka tidak akan segan-segan mendapatkan apapun yang berhubungan dengan idola mereka (baik itu keluarga, teman dekat atau apapun). Mereka terobsesi dengan "mengatasnamakan cinta pada idola mereka", sasaeng fans tidak akan ragu-ragu melakukan berbagai cara apapun (biasanya cara-cara negatif dan mengganggu) agar lebih dekat dengan idola mereka.

*     *     *

Nah, yang sudah gue sebutin tadi adalah beberapa istilah yang umum digunakan dalam dunia fangirling (khususnya dunia Kpop). Masih banyak sebenernya istilah-istilah lain yang juga biasa digunakan oleh para Kpop & Kdrama freak, tapi mungkin  bakal gue tulis di postingan berikutnya aja biar ngga pusing bacanya. PADAHAL MALES!! Hehehe... Semoga berguna yah! :D

Anyyeong..! Bye all..! See you! ^^
*dadah-dadah cantik*
*kibas jilbab*
*koprol*

29 komentar:

  1. Posting berikutnya bahas tentang bash dong, Tie..
    Bash kan juga macem-macem. Ada yang terang-terangan, ada yang terselubung, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rese lo Dell...Kenapa ga elo aja :D Dari ngefans jadi ngebash :p

      Hapus
    2. Jadi inget deh, istilah "bash" juga kelupaan... -_-" Pantes kaya ada yang kurang XD

      Hapus
  2. Sini juga udah umuran mbak. *tertohok* jadi kita fanwoman-ing-an ya. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita pake istilah yang umum dan enak disebutin aja ya Lia :))))))

      Hapus
  3. kl pasang muka mpih yg normalan dikit dong mba...ngeliat gt kaya anak yg terlahir krg 1 ons

    BalasHapus
    Balasan
    1. Taehyung kapan normalnya cobaaa?? Kapaaann?

      Hapus
  4. Aku masih masuk istilah fangril lho ya.. bukan fanwoman :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok malah itu siihh yang diperdebatkaan? :))

      Hapus
  5. *senyum-senyum*
    .
    .
    .
    *keselek*
    .
    .
    .
    *ngakak*

    BalasHapus
  6. Aku cukup
    Jadi pemirsa nimbrungan ajahahai^^

    Kalo jadi fan
    Kan harus ini itu
    Dan pastina ya kudu ada duit*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaah... aku sih cukup ada kuota ajaa :)))
      *eh kuota dibeli pake duit ya* :D

      Hapus
    2. Nah..
      Itu dia mak
      Jadi fan itu berat di ongkos^^
      *ongkos beli kuota^^ :hihihi

      Hapus
  7. Mmmmm.. bingung mau komen apa.. pokoknya gtu aja lah ya.. *salahin Jimin*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ush komen ge pdhl gpp kali Cha :))))

      Hapus
  8. Beneran ya mau ada lanjutannya? Aku tambahin ide buat nulis selanjutnya nih.. Fan project, Fanchant, Fan Service, Fanmade, Light Stick, MR, AR, PV, All Kill, Sunbae, Hoobae, Stan, Rookie, :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh udah ada masukan dan saran dari istrinya GD, Tie. Btw emangnya siapa idol yang tadinya gue fans terus gue bash?

      Hapus
    2. Buset NOK! Itu kasih ide atau mencegah gue NGELES??

      Hapus
    3. Bukan idol kali Dell... Itu.. si nganu.. :D

      Hapus
  9. Oooh baru tau istilah2nya dan artinya juga, soalnya kadang suka bingung juga kalau baca status temen yg seorang fanboy :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...semoga jadi nambah pengetahuan ya :D Tunggu istilah2 lain di postingan berikutnya :)

      Hapus
  10. Oh jd Taehyung gk masuk bias wrecker.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belom tentu sih Nggie... Lo tau kan gue pengkhianat cinta? *bangga*

      Hapus
  11. Berarti cuma gue yg gk paham istilah2 ini Mak *feeling sad kemudian di depak dari MKD hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaudah Tar, lo pahami dulu yang ini. Besok2 gue bikin season 2-nya. Masih banyak :)))

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. ahh pas lihat ada gambar V BTS aku langsung buka dan baca ini postingan, karena di kita lagi bahas BTS.. hehe

    BalasHapus