Kamis, 07 Mei 2015

Krisis!


Seorang perempuan berusia sepertiga abad mengalami krisis kepercayaan diri. Sebutlah perempuan itu gue. Padahal emang gue! Ya..ya..ya, norak emang, tapi begitulah yang gue
alami beberapa waktu ini. Macem ABG aja yah pake krisis-krisisan.  But it happened to me. Gue bisa melihat kalian memicingkan mata dan memandang gue dengan sinar meledek, pembaca!

Gue merasa ngga pede ketika gue blog walking ke blog-blog lain. Gue ngga pede dengan blog gue yang tulisannya cuma ala kadarnya. Ngga informatif, berguna, apalagi mendidik. Jauh. Gue sering blog walking, tapi sering juga cuma jadi silent reader. Helloooww..gue nih blogger apa bukan? Padahal salah satu etika tak tertulis dalam dunia blogging adalah meninggalkan "jejak" (komentar) di blog yang disambangi.

Tapi tau ngga kenapa gue cuma jadi silent reader padahal gue suka tulisan-tulisan beberapa blogger yang gue kunjungi blognya? Karena, pertama : biasanya tulisannya bagus dan berbobot banget. Jadi gue agak sungkan dan segan untuk meninggalkan komentar, secara gue itu tipe yang ngga pandai berbasa-basi. Lagipula jalan pikiran gue kadang terlalu cetek dan abal-abal banget. Ibarat anak SMA disuruh komen Tesis anak S2. Ga keotakan. Jadi akhirnya gue bingung mau komen apa.

Kedua, gue ngga berani komentar karena komentar gue akan meninggalkan link back (or backlink? Nya eta we lah) ke blog gue. Dan gue ngga pede aja gitu kalo sang empunya blog (kali-kali aja) iseng berkunjung balik ke lapak gue dan menemukan tulisan-tulisan gue yang cemen. Ouch, can't imagine. Soalnya gue ngeblog dan nulis itu masih untuk diri sendiri. Bahasanya masih ala-ala gue aja. Bahasa Inggris-nya belepotan, bahasa Indonesia-nya ngasal dan tak mengindahkan kaidah-kaidah E.Y.D, ditambah gue suka campur pake bahasa Sunda pula. Intinya mah gue ngga pede, oke?

Kemaren-kemaren ketika lagi rame soal eksekusi mati, gue sempet ngedraft tulisan mengenai pendapat dan sudut pandang gue tentang hal itu. Tapi ngga gue lanjutin, karena gue ngerasa kapasitas gue ngga nyampe kalo ujug-ujug gue ngomongin topik yang berat begitu. Apalagi gue orangnya gampang nyolot dan agak suka berapi-api kalo ngomongin hal-hal sensitif. Pasti tulisan gue bakalan penuh pendapat pribadi yang ngga kredibel dan jelas penuh emosi. So, ngga gue lanjutin. Hehe.

Krisis itu semakin memuncak ketika gue iseng-iseng baca postingan-postingan blogger lain di social media mereka. Lalu gue scroll juga kolom komentarnya dan menemukan fakta bahwa ada begitu banyak blogger yang oke, intelek, profesional dan kritis. Oh wow, makin merasa sebagai blogger yang apalah-apalah gue jadinya. Padahal beberapa blogger senior yang (kalo boleh gue bilang) deket sama gue sering ngasih semangat dan advice yang berharga banget buat gue.

Gue pernah disaranin untuk mendaftar ke salah satu komunitas blogger yang agak sulit proses recruitment-nya karena pake seleksi dan penilaian gitu. Jelaaas gue ngga pede! Siapalah gue, blogger yang alexa rank blognya aja masih 9 jutaan. Haha. Lalu salah seorang sobat blogger lainnya yang gue curhatin mengenai masalah itu bilang, "Coba aja. Never underestimate yourself..." katanya :') Dan sepenggal kalimat itu pelan-pelan mengendap di otak gue, menyalakan sepercik api semangat buat gue untuk menyusun kembali rasa percaya diri gue.

Oke, I'll try. Gue bertekad. Lalu gue daftar? Yaa belom laaah, orang gue ngga tau caranya juga! Hahaha. Tar deh gue tanyain dulu sama yang ngasih saran, gimana caranya :p
Da gue mah gitu atuh orangnya. Celeno, kalo kata orang Sunda mah. Buat yang ngga tau "celeno", googling aja oke? Please? Daripada gue kasih penjelasan bahwa celeno itu hampir sama dengan boloho. Atau mending sekip aja deh daripada ribet.

Ketika gue masih berkutat dengan krisis kepercayaan diri tadi, tetiba aja gue menemukan blog ini : Dadang Konelo !!! Sebelomnya gue emang udah tau kalo makhluk yang satu ini eksis di Twitter, dan gue juga follow dia di akun @infosebel. Tapi gue ngga tau kalo dese punya blog juga. Fyi aja sih, dia ini kalo ngetwit pake bahasa Sunda super kasar. Tapi anehnya, gokil dan kocak banget! Cuitannya hal-hal sepele lah, ngga jauh-jauh dari topik seputar Jones (Jomblo Ngenes). Tapi lucu banget menurut gue. Dan isi blognya pun ngga jauh beda dari cuitannya di Twitter, cuma lebih panjang aja. Yang selera humornya kelas atas dan ngga ngerti bahasa Sunda jelas ngga gue saranin untuk baca isi blognya yah, demi kebaikan Anda. :D

Lalu setelah gue baca blognya, yang postingannya baru beberapa dan sama sekali ngga bermutu tapi sukses menghibur gue (dan bikin gue ngakak tak terkendali), membuat gue menyadari sesuatu. Ternyata menjadi diri sendiri, menulis apa adanya dan tanpa beban untuk menjadi "keren" dengan bahasa ala-ala gue sendiri itu menyenangkan. Ngga usah muluk-muluk menyenangkan orang lain (dulu) dengan memberikan bacaan yang berkualitas lah buat gue mah, cukup dengan punya tempat untuk menyalurkan isi hati dan pikiran aja udah alhamdulillah. Syukur-syukur ada yang baca, lebih syukur lagi kalo ada yang merespon.

Jadi, dengan resminya gue ter-dadang ini, rasa percaya diri gue juga balik lagi. Dan bukannya gue ngga berusaha memperbaiki tulisan-tulisan gue yang abal-abal ini menjadi sedikit ngga terlalu abal-abal ya. Gue lagi mencoba, tapi gue juga ngga mau menghilangkan jati diri gue demi sebuah tulisan agar dianggap "bagus". Apalah artinya sebuah tulisan bagus kalo jiwa gue ngga disitu? ^^ 

Dan gue nemu quote pic yang sangat merepresentasikan diri gue :D

Yeaaa...I just go back to being Me.


18 komentar:

  1. Jiaaahhh...sayang banget Ut kalo cuman gara-gara nggak pede terus nggak ngelanjutin tulisan. Hayu atuh semangat. Nggak mugkin juga kan kita ngarep semuanya suka tulisan kita? Dan nggak mungkin juga kan nggak ada yang suka tulisan kita? Keep blogging!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehehehe.. Iya, Iq..sekarang udah balik lagi kok pede-nya. Kemaren dia jalan-jalan aja sih..Naek gunung, barangkali? :p

      Hapus
  2. saya pun sempat ngerasain krisis pede tapi lebih ke fisik maklum tinggi badan saya pendek hehe. tapi seiring waktu dan selalu saya lawan akhirnya saya lepas dari soal itu dan rasanya lega...ayo di lawan, ga pede bikin potensi diri mandeg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah kalo soal fisik sama lah mbak, suka ga pede juga >.< maklum aku nih bantet gitu :D
      Iya mbak, emang harus di pede-pedein supaya bisa bertahan di dunia yang keras ini :p

      Hapus
  3. idem kena kiris pede juga nih. tapi lama2 mau juga 'keluar' setelah menyusun 'kekuatan bulan' :D
    oia kalo saya mah selalu terdadang setiap saat. karena dadang adalah nama suami saya, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaah aku kan bukan Sailor Moon xD *tapi sailor Merkuri* :D
      Hihihi..seru donk Mbak ter-dadang setiap saat. Salamin buat suaminya yah *EH*

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. sama dong kyak aku *toss
    Nggak pede sama tulisan2ku...., apalagi kalo liat blogger2 keren yang terpampang nyata di depan mata...hihi
    salam kenal mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Iya Mbak.. makin banyak blog walking malah makin bikin depresi yah xD
      Tapi sekarang sih aku pede-pedein aja lah, kalo ngga gitu selamanya ngga bakal nulis. Hehe :D
      Salam kenal juga mbak ^^

      Hapus
  6. Padahal gue suka tulisan lo. Bukannya gue udah pernah bilang, ya? Jadi kata2 gue nggak dianggep nih? *lari manja ke pelukan Yonghwa*
    Iya Utie, jadi diri sendiri aja. Nggak usah mikir-mikirin alexa rank, dia aja nggak mikirin kita, kok. Nggak penting.
    Btw gue ke TKP Dadang Konelo dan ngerasa OMG, lost in translation xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Dell...bukan ngga dianggep, cumaa...PDnya belom 100% :D
      Teteup aja sih suka envy liat tulisan orang sebegitu bagus sementara guee.. segini2 aja
      >.< Hehehe..rumput tetangga emang selalu terlihat lebih indah yeee...apalagi rumputnya rumput Jepang. Rumput dirumah gue kaaan ilalang :D *mulai meracau*

      Khaaan gue bilang ga disaranin xD kalo di translate pun ngeri :D kasar banget itu Dell. Tapi gue mah suka..hehe

      Hapus
    2. Gue nggak ngerti dese ngomongin apa. Coba ntar kalo kita kopdaran, lo translate satu aja ya, gue penasaran :D

      Hapus
    3. Buahahaha... yakin? siap lahir batin? Itu isinya cerita dia masalah cinta2 gitu. Tapi ya gitu..penuh sumpah serapah xD
      Ira aja minta translate tp gue ngga tega :))))

      Hapus
  7. Ikut seneng mbak, ktisis nya ilang begitu ketemu pahlawan bertopeng si dadang..hehe..
    Semangat y mbak, tulisannya kece begini eman kalau krisisnya lama2..
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mbak... ^^ Iya berkat dadang jd back to myself xD
      Alhamdulillah dibilang kece... *lempar bunga* buat Mbaknya :D

      Hapus
  8. wah ada yang terdadang konelo nih. hehehe akupun follow blognya mbak dan memang lucu yah. ngakak abis.

    ngomongin soal tulisan, aku malah suka males kalau baca yang berat berat. lebih suka baca cerita keseharian atau cerita yang kaya mbak uti tulis ini. ringan dan menghibur. kadang kalo berat berat malah aku skip :D

    Btw, mbak uti tulisannya udah bagus. karakternya udah kebentuk. semangat mbaak. aku suka lho tulisan tulisannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeaay akhirnya ada yg ter-dadang juga. Hihi, Lia ga masalah sama bahasa kebon binatang nya? Tapi lucunya disitu sih ya :)))

      Iya sih Lia, soal tulisan emang aku ngga sanggup yang berat-berat. Serasa bukan jadi aku aja. Jadi yah sudah, this is me :)

      Duh, makasih loh disemangatin ^^ Sama blogger2 yang udah pada senior gini, pedenya jd nambah.. :)

      Hapus
    2. aku memang terdadang dan kalo menurutku, bahasanya yang kebon binatang itu yang jadi malah kerasa lucu. aku sih gak ngerasa kasar mbak. malah nagih bacanya :))

      Hapus