Sabtu, 21 November 2015

Ulzzang (Wannabe)

Hari libur, ngga punya stok drama korea, dan kondisi dompet agak mengkhawatirkan = diem dirumah. Nah, kalo udah diem dirumah dan bocah-bocah pada asyik sendiri, biasanya emaknya asyik sendiri juga! Hehe.. kalo ngga ngoprek kuku alias nail art-an, pasti lagi anteng nyobain make up-an  depan cermin. Centil pisan lah pokoknya mah! XD

Make up yang lagi ngetrend belakangan ini, yang kiblatnya ngga jauh-jauh dari Korea, adalah ulzzang make up. Para beauty blogger mah pasti tau lah ulzzang style. Itu loh make up yang hasilnya jadi doll-like alias kaya boneka. Meskipun dalam perkembangannya, ulzzang make up ngga melulu harus berakhir seperti boneka (khususnya dalam kasus gue). Hahaha.

Yang jelas dalam make up ulzzang, ciri khasnya adalah riasan mata yang simple dan warna lipstick bergradasi. Gue, sejak diracunin sama seseorang yang udah duluan bikin postingan tentang ulzzang make up ini, jadi agak terobsesi pengen berhasil bikin gradasi warna lipstick. Sayangnya, bibir gue itu pada dasarnya gelap (dari sononya) dan ga punya concealer bibir, alhasil selalu gagal bikin bibir ala ulzzang. Dan karena peralatan lenong gue juga terbatas, makanya pengaplikasian make up ulzzang di muka gue (yang juga terbatas) jadi ngga se-cetar aslinya. Karena itulah gue hanya berani menyebutnya "ulzzang wannabe". 

Ulzzang-ulzzangan ala gue sih simple aja. Yang gue pake untuk make up sehari-hari sih biasanya :

1. Ponds White Beauty kadang pake Caring Colours BB Cream (Luminizing)
2. Revlon Face Powder (Cream Beige)
3. Viva Eyebrow Pencil (Brown) atau Maybelline Fashion Brow Cream Pencil
4. Maybelline Hyper Glossy Eyeliner atau Maybelline Color Show Eyeliner
5. Wardah Eyeshadow
6. Maybelline Cheeky Glow (Cream Cinnamon)
7. Etude Lipsfit (See-Thru Fit Beige)
8. Monomola lips tattoo (Lovely Peach)
9. Maybelline Color Show Lipstick (Pink Please)
10.Wardah Matte Lipstick (Bronze Nude)


Tapi itu semua ngga gue templokin ke muka sekaligus ya :D Yang wajib sih pensil alis, eyeliner sama lipstick dan bedakan tipis gitu aja sih kalo buat ngantor sehari-hari. Make up-an lengkap itu kalo mau kondangan atau lagi iseng-iseng mengasah skill, diluar itu mah males amat lama-lama gambarin muka. :D

Nah, berikut make up ulzzang ala-ala gue yang seadanya :

1. Pakai cream dasar pada wajah, boleh foundation, whitening cream, maupun BB cream sebelom mengaplikasikan bedak. Gue sih lebih suka bedak berbentuk powder, karena lebih ringan untuk muka.

2. Bentuk alis menggunakan pensil alis (disarankan warna coklat ya, jangan item. Biar hasilnya ngga kaya alis Sinchan). Untuk ulzzang style, alis dibentuk lurus, ngga melengkung kaya gambar gunung bikinan anak TK. Liat deh make up ala Korea, alis mereka biasanya berbentuk lurus.



3. Untuk yang udah biasa pake eyeliner liquid, gue rekomendasiin Maybelline Hyper Glossy. Kuasnya itu ujungnya tipis banget, jadi kalo mau bikin "wing" di ujung mata lebih mudah dan detil. Tapi yang belom biasa mendingan pake eyeliner yang kuasnya ngga terlalu tipis, atau pake crayon pencil liner juga oke. Gue sih mengaplikasikan eyeliner-nya suka-suka aja, kadang pake wing di ujungnya, kadang di blend pake eyeshadow item, kadang pake untuk kelopak mata bawah juga. Tergantung ketersediaan waktu. Hehe. Yang mau bergaya ulzzang sesuai aslinya, fokuskan riasan pada mata ya. Ga menor banget sih, tapi eyeliner disini sifatnya WAJIB.



4. Eyeshadow gue pake yang warnanya natural, brown dan light brown. Kadang pake pink pucet untuk kelopak mata atas dan putih untuk kelopak bawah. Untuk make up ulzzang biasanya yang dipakai adalah warna-warna natural dan pastel (soft). Setau gue sih jarang yah ulzzangers mengaplikasikan riasan smokey eyes untuk mata. Dan biasanya juga, untuk kelopak mata bawah menggunakan eyeshadow atau eyeliner putih/silver. Sedangkan untuk bulu mata, karena gue ngga bisa pake maskara dan bulu mata gue pendek banget, jadi bagian ini selalu di skip. Hehehe. Lebih bagus sih pake bulu mata palsu ya, tapi jangan yang cetar membahana badai kaya model Syahrini loh, yang natural aja. Ciri khas make up ulzzang adalah mata yang terlihat besar dan bulu mata lentik. Yang matanya udah belo' sih alhamdulillah ya, untuk yang matanya kecil boleh pake softlense. Atau kacamata dengan frame besar dan membulat juga kece! ^^

5. Pakai blush on dengan warna yang cocok dengan kulit kita ya. Yang kulitnya sawo mateng kaya gue, sebaiknya jangan pilih warna yang terlalu pink. Takut kaya abis di kepret orang hasilnya. :D Gue sih sebenernya sering males pake blush on. Pada make up ulzzang ini, pemakaian blush on emang optional. Kalopun pake supaya keliatan seger, tipis-tipis aja ya.
 
6. Yang mempunyai bibir pink alami, beruntunglah kalian, karena pada ulzzang style ini yang paling utama adalah cara pengaplikasian lipstick bergradasinya! Pertama-tama oleskan lip tint, lips tatto ataupun lipstick (biasanya yg liquid) berwarna merah, pink, peach atau orange (sesuai selera) pada bibir bagian dalam. Untuk bibir bagian luarnya, bisa oleskan lips concealer atau lips fit matte berwarna nude. Karena gue ngga punya lips concealer, biasanya gue pake lips fit Etude tadi atau lipstick matte Wardah. Dan untuk yang bibirnya gelap kaya gue, mesti bener-bener nemu warna nude yang cocok supaya gradasi warnanya keliatan. Tapi sejauh ini sih gue masih belom puas dengan hasil bibir gue. 
:( :( :(



Dan... Jeng-jeng...!! Dakocan pun beraksi eh make up ulzzang ala-ala gue pun jadi! Yah, lumayan ajalah buat pemula mah (cari pembenaran). Jauh sih dari model-model ulzzang kalo kita googling, tapi buat emak-emak dengan peralatan seadanya dan skill terbatas mah cukup lah (cukup mirip boneka kan? Boneka sawah tapinya! Hahahaha). Namanya juga Ulzzang Wannabe kan? ;) So, give it a try!




Ps : Maaf untuk semua pose alay ini ya! :D :D :D

16 komentar:

  1. Yang ngeracunin pasti kece, tuh :D
    Lipstik lo matte dua-duanya sih, coba yang bagian atasnya pake lip gloss. Eh kemaren gue nemu lagi satu postingan, dese pake lipgloss dulu ke seluruh bibir, baru kasih gradasi di bagian bawah doang. Pas gue coba, FAILED, wkwkwkwk..
    Oiya, yang pernah gue baca, make up ulzzang emang jarang pake blush on.
    Mari terus berjuang dan saling meracuni \(^O^)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu yg di foto (atas), gue pake wardah nude trus tengahnya maybelline pink. Hasilnya gitu. Foto (bawah) gue pake lips tattoo dan pinggirnya pake Etude lipsfit. Yah bibir gue item sih, kl si Asya mah pas banget tuh! T^T *besok gue mo berburu lip tint* ":D Blush on si Asya pake kayanya dell.. pinkeu2 gitu pipinya..

      Hapus
    2. Gue paling suka foto yang ketiga.
      Asya nemu blush on yang bagus berarti :D

      Hapus
  2. kehabisa drama korea sama dompet yang menipis nggak menjadi penghalang buat tetap berkegiatan positif. yeah..

    BalasHapus
  3. baru tau soal "ulzzang"
    hampir tak pernah pakai make up #tutupmuka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, cobain make up ulzzangnya ^^

      Hapus
  4. Sukaaaaaa bgt sm riasan matanya.. Iduppppp bgt *,*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih belajar Mpie... Tapi emang ga se-frustasi bikin bibir gradasiannya :D

      Hapus
  5. Kereeeen Utie hasilnya natural aku suka bangeet, ilmunya dicatet nih biar umur lebih banyak tp untuk pemakeupan masih kelas beginner

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sih Mbak akupun beginner banget. Apalagi peralatan lenongnya ngga canggih :D Praktekin Mbak!!!

      Hapus
  6. Tetep cantik Kak! :')



    www.gartnerlighting.com

    BalasHapus
  7. hohoho.. samaan kita mba Utie, paling susah nemuin warna lipstik yang pas krna warna bibirnya yg kurang cerah.. *hiks*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhu~~ pengen punya bibir pinkeu2 gt ya.. pake lip gloss doang udah kece T^T Sementara kita ngabis2in duit njajal lipstick yg cocok XD

      Hapus
  8. make up para ulzzang memang bagus ya natural meskipun yang di fokuskan make up area mata tapi ya karena mata mereka sipit jadi gak kelihatan berlebihan..

    BalasHapus