Sabtu, 17 September 2016

Tutorial Simple Make Up ala Utie


Hai.. hai..

Ceritanya gue lagi demen banget dandan dan coba-coba produk baru nih. Bukan mau sok-sokan jadi beauty blogger loh, hehe. Kebeneran juga ada aja temen-temen gue yang suka minta saran atau minta ajarin dandan. Padahal mah skill dandan gue kan so-so aja alias segitu-gitunya. Tapi sering juga sih yang nanya-nanya seputaran make up sama gue, terutama soal cara bikin alis yang cetar. Bhahahaha. Perasaan alis gue juga biasa aja sih...

So, gue mau coba-coba melempar manggis bikin tutorial make up yang simple dan mudah dipraktekin. Lebih tepatnya sih, make up for beginner kali ya? Haha, maklum yang bikin tutorialnya juga amatiran >.<

Here we go!

My bare face >.<

Make up yang gue pake :

Missha M Magic Cushion Cover (shade #23 Natural)
Revlon Colorstay Concealer
Viva Brow Pencil (Brown)
Very Me Double Eyeliner (Black and White)
Viva Eye Base Gel
Make Over Eyeshadow (Indian Summer)
Wardah Eyeshadow (White)
Maybelline Hyper Glossy Liquid Liner (Black)
Make Over Contouring Kit
Maybelline Blush Studio Cheeky Glow (Creamy Cinnamon)
Wardah Exclusive Matte Lip Cream (Pink Me)
Maybelline Colorshow Lipstick (Red Sirene)



Step 1 Pakai Bedak, BB/CC cream, Foundation atau Cushion

Biasakan untuk membersihkan muka sebelum mulai dandan ya, biar hasil make up-nya maksimal dan wajah kita juga dalam kondisi yang cling. Nah, sebelom pake bedak, foundation, BB cream atau cushion, gue biasanya semprot wajah juga pake beauty water, biar lembab. Gue sih pake beauty water dari Kangen Water. Itu dapet gratisan sih, biasanya mah air mawar dari Viva aja. Itu juga kalo inget deng. Hahahaha.

Sebelom gue nyobain pake Missha Magic Cushion, gue biasanya pake BB cream dan bedak tabur dari Wardah. Kadang kalo lagi pengen, gue pakenya liquid foundation dari Make Over dan Pixy Two Way Cake compact powder. Suka-suka gue aja sih :D

Berhubung gue "keracunan" dan jadi korban iklan (lagi), gue akhirnya beli cushion yang lagi ngetrend itu. Yang belom tau, cushion adalah BB/CC cream atau juga foundation dalam bentuk compact (seperti powder compact, lengkap dengan kaca). Beberapa produk punya ingredients yang berbeda tergantung merknya. Dari review beberapa beauty blogger, sebenarnya formula cushion nggak jauh beda dengan BB/CC cream dan foundation dalam bentuk tube, tapi istimewanya cushion ini punya aplicator puff unik dan coverage-nya lebih bagus. Cushion juga biasanya mengandung 34 sampai 50+ SPF/PA+++


Nah karena gue sekarang pakenya cushion, jadi ngga pake BB/CC, foundation dan bedak lagi. Sebelum pake cushionnya, terlebih dahulu gue pake concealer untuk menutupi noda-noda di wajah, terutama kantung mata kalo dalam kasus gue. Setelah menggunakan concealer, baru gue pake cushionnya dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan puff-nya keseluruh wajah sampai merata.

Berikut gue kasih liat perbedaan muka gue pas pake BB cream, foundation dan cushion.

Step 2 Membentuk Alis

Nah, biasanya temen-temen gue suka pada nanyain gimana caranya bikin alis. Hahaha.Ya begitu aja sih, digambar pake pensil alis bukan pake crayon. Sebelum menggambari alis kita, rapikan dulu alis pake sikat spooly sesuai dengan arah tumbuhnya. Gue sih pake kuas bekas maskara aja (ga modal). Setelah itu, buat garis imajiner sesuai dengan bentuk alis yang kalian pengen, tipis aja. Lebih bagus sih sesuai dengan bentuk alis kita aja ya, kecuali pengen alis model Korea yang lurus atau alis dengan bentuk arch (melengkung), terserah.

Arsir alis kita menggunakan pensil alis (disarankan warna coklat atau warna setingkat lebih muda dari rambut) dari arah pangkal sampai ke ujung alis. Beberapa orang ada yang lebih suka pakai eyeshadow coklat untuk mengarsir alisnya, karena katanya lebih mudah dan hasilnya terlihat lebih natural. Suka-suka kalian aja sih, enaknya yang mana. Setelah alis udah penuh terarsir, rapikan lagi dengan cara disikat pake sikat spooly tadi supaya rata dan ngga terlalu tebal. Dan untuk hasil akhir yang maksimal, gunakan concealer tipis-tipis diatas dan dibawah alis.

Maap gambarnya ngga bening

Oh iya, gue ngga kasih tutorial bikin alis bergradasi ala beauty enthusiast yang lagi kekinian itu ya. Soalnya menurut gue cara bikinnya agak ribet dan tricky. Dan guenya juga belom bisa sih. Bhahahaha.

Step 3 Eyeshadow dan Eyeliner

Sebelum memulaskan eyeshadow dikelopak mata kita, oleskan terlebih dahulu eye base gel supaya warna eyeshadow-nya keluar dan terlihat lebih cerah. Diamkan dulu eye base gel-nya beberapa saat agar meresap, baru pulaskan eyeshadow dengan warna yang kita mau. Untuk tampilan make up yang simple, gue pakenya eyeshadow berwarna kalem dan natural. Gue pake eyeshadow dari Make Over, Indian Summer. Warnanya itu pink muda, pink tua dan coklat muda. Untuk ujung mata, gue pake eyeshadow warna putih dari Wardah.

Pulaskan eyeshadow warna pink muda di kelopak mata bagian tengah, eyeshadow putih/silver di bagian ujung dalam mata dan eyeshadow warna pink tua di kelopak ujung luar mata. Blend garis batas warna eyeshadow-nya, bukan keseluruhannya. Untuk bagian bawah mata, gue memulaskan eyeshadow warna pink tua dicampur dengan eyeshadow coklat, dan Very Me pencil liner warna putih di ujung dalam. Maap kalo membingungkan ya! Gue ga tau istilah-istilah dalam dunia beauty blogger sih, hehe. Biar lebih jelas, liat di foto aja yak!


Beberapa orang lebih suka pakai eyeliner dulu sebelum eyeshadow. Meminimalisir kalo-kalo pake eyeliner-nya belepotan dan harus dihapus. Kalo udah eyeshadow-an kan sayang ya, pasti ikut kehapus. Gue juga biasanya eyeliner-an dulu sih, tapi kali ini bisa juga pakenya belakangan.

Pengaplikasian eyeliner itu tergantung selera juga. Ada yang suka tipis-tipis aja line-nya, ada juga yang PD dengan bentuk wing yang dramatis. Kalo gue cenderung standar aja sih. Jenis eyeliner yang cocok buat tiap-tiap orang juga beda-beda, gue pernah pake yang bentuknya gel dari Pixy sama Maybelline, tapi tetep enakan pake yang liquid sih. Maybelline Hyper Glossy kuasnya lancip dan tipis, gampang buat ngebentuk garisnya.

Pertama-tama, biasanya gue gambar dulu garis bingkainya dari ujung kelopak dalam ke ujung kelopak mata luar. Buat juga garis "batas" seperti pada gambar 2 biar pas dipulas, wing-nya ngga keluar jalur. Sudut dan panjang ujung eyeliner-nya bisa dibuat sesuai selera kalian juga sih.



Step 4 Contouring Hidung

Berhubung hidung gue pesek, maka contouring hidung supaya terlihat mancungan dikit, sangat diperlukan. Dan karena tutorial ini (ceritanya) adalah tutorial simple makeup, maka gue ngga ngasih teknik contouring wajah ya. Cuma hidung. Step-stepnya bisa dilihat di foto berikut:

1. Beri garis coklat di kedua sisi hidung
2. Beri highlight warna terang dibagian tengah hidung
3. Perhalus dengan kuas/jari

Step 5 Blush On, Bulu Mata Palsu dan Lipstick

Lipstick itu biasanya merupakan jurus pamungkas gue. Blush on dan bulu mata palsu lebih sering ngga gue pake untuk makeup sehari-hari, ribet dan terlalu menor bo. Nanti jadinya bukan simple makeup lagi lah, hahaha. Tapi demi tutorial yang katanya simple ini, gue pake juga blush on dan bulu mata palsu-nya. Biar pas difoto keliatannya cetar, ya ngga sih? Hehehe..

Pake tipis-tipis aja biar ga disangkain abis dikepret :D

Bukan bulu mata badai

Bibir luar pake Wardah Mate (Essential Nude), bibir dalam pake Maybelline Colorshow (Red Sirene).

Daaaan.... Selesai!!!
Hasil makeup gue :

Maapken muka songongnya ya :))






Jadi, segitu aja dulu ya tutorial makeup ala Utie :D Semoga mudah dimengerti dan dipahami serta diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Maap-maap juga kalo tutorial ini ala kadarnya banget dan foto-fotonya kurang bagus. Dan akhirnya setelah gue baca-baca lagi, makeup-an itu ngga simple ya! :D Tetep aja ribed. Tapi ya udah lah, anggap aja simple ^^

16 komentar:

  1. Ciyeeee.. tutorial perdana. Tie, bikin youtube channel dong, biar lebih jelas tutorial bikin alisnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gile lo. Bikin postingan ini aja setengah mampus :)) Ga lah, yutup mah ga PD. Ribet pula :D

      Hapus
  2. Entah knp aku tuh slalu suka sama lipenstik apapun yg mba utie pake :D hahahahahaha.. Efek bibirnya mungkin ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahaaal bibir aku item Mpie :D Termasuk susah kalo pake lipen.. Mesti yg bener2 cocok..

      Hapus
  3. Ihhh keren Mak, bikin yg banyak lagi dong tutorialnya, jago Lo Mak gue bikin alis aja gk simetris apalagi pake eyeliner. Gak pernah bisaaaa *nangis di bahu Wang soo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biki tutorial abal2 gini aja ribet Mak... :)) Aah gue juga masih suka melenceng2, ga usah frustasi. Banyak latian maaakk..gue juga gituu...
      *tarik wang so ke pelukan gue*

      Hapus
  4. lipeneee keceeeee :O
    cantik kookkk *dah lama aku nggak dandan :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pake dua lipen mbak..dibikin gradasi gitu.. Hihi..makasih dibilang tantik xD

      Ayo praktekin mbak! ^^

      Hapus
  5. Huaaaahhh thank you, jadi tau apa bedanya foundation, BB Cream sama cushion. Maklum nggak pernah bermake-up mak. Bahkan pergi kerja juga nggak pake mandi dan cuci muka, langsung samber sepeda...cusss kerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru tau kok mak. Biasanya pake BB cream aja ga pernah pake foundation2an, apalagi cushion :)

      Widiihh ga mandi & cuci muka? :))) Aku kl ga dandan berasa telanjang gitu mak xD

      Hapus
  6. Atuhlaaah,...atuhlaaaah..
    Jadi beneran pengen si BB cushion itu tea ih!

    Aku paling gak bisa ngotak=ntaik bulu mata Tie, baik pake maskara ataupun pasang bulu mata palsu, ajariiiiin hehehe...

    Eh, bikin contouring juga gak bisaaaaa!
    *ternyata banyakan gak bisanya hehehe..*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli atuuhh... Missha yg case putih biasa juga unyu kok ;)

      Aku pasang bulmat juga masih ribet & ga rapi..Apalagi maskara-an..ga bisa! Bulu matanya pendek bgt xD

      Hapus
  7. lebih natural pakai BB Cream ya jadi gak terlalu beda aja dengan wajah tanpa make up nya, ngomong-ngomong itu warna lipstiknya cantik kak..

    BalasHapus