Kamis, 14 Mei 2015

Antara Ibu, Anak-anak, dan Kebutuhan




I'm a mother of three gorgeous children...

Iya, anak gue ada tiga biji. But, I’m not that old! Gue ini masih termasuk kategori “Mahmud” alias Mamah muda yah, hehe… <skip> Anak-anak gue, sebagaimana anak-anak pada umumnya, paling suka beli mainan. Dan gue sebagai ibu mereka, paling males keluar uang buat beliin mereka mainan. Bukannya ngga sayang anak ya, tapi sepanjang pengalaman gue menjadi ibu mereka, seringnya mainan-mainan yang gue beliin buat mereka akan berakhir jadi sampah. Iya sampah. Seringnya nih, belom juga berumur sehari, itu mainan-mainan udah rusak! Duh, miris banget lah, uang jadi kebuang percuma gitu aja.


Emang sih, gue akui, selama ini gue beliin anak-anak mainan dari pasar atau toko-toko mainan biasa aja. Well, harusnya gue ngga boleh ngeluh ya, orang mainan yang gue beli ya mainan biasa aja. Pantes aja sih bakalan cepet rusak. Yah, gue kan emak-emak itungan, sayang aja gitu kalo beli mainan yang mahal-mahal. Toh anak-anak itu kan pada dasarnya cepet bosen. Tapi, setelah gue pikir-pikir lagi, biaya perintilan buat beliin mereka mainan kalo ditotalin sih cukup besar yah.  Bisa buat beliin mereka mainan yang lebih berkualitas dengan harga yang lumayan mahal tapi mainannya awet dan tahan lama.

Ngomong-ngomong soal mainan berkuallitas, gue mau cerita pengalaman gue diundang ke acara Mothercare & ELC Media Gathering hari Rabu tanggal 13 Mei 2015 kemaren. Acara tersebut diadakan oleh Kanmo Retail Group. Pasti udah tau dong yah brand Mothercare dan ELC? Mungkin kedua brand ini merupakan merk favorite? Tapi untuk yang belom tau, sini deh gue kasih tau..

Mothercare & ELC merupakan dua brand yang diusung oleh perusahaan Kanmo Retail Group, diantara beberapa brand lainnya yaitu Gingersnaps, Karen Millen, Coast, Justice, Yo’Panino, Pumkin Patch, Coach, Women’Secret, dan T.M-Lewin. Mothercare sendiri adalah perusahaan retail  yang menyediakan produk bagi calon ibu, bayi dan anak dengan usia maksimal 8 tahun. Mothercare telah berkembang dari asalnya di tahun 1960-a di Inggris menjadi global multi channel retailer yang beroperasi di lebih dari 55 negara. Di Indonesia sendiri sudah terdapat 31 toko yang tersebar di 8 kota besar. Toko Mothercare mengusung konsep one stop shopping dengan menyediakan berbagai rangkaian produk untuk ibu dan bayi. 



Berikut jenis varian produk Mothercare :

Blooming marvellous (maternity). Merupakan produk untuk ibu hamil, diantaranya lingerie, pakaian dalam, bantal pendukung, toiletries.

Babywear. Tersedia produk newborn, pakaian bayi, pakaian anak dan footwear. Produk yang banyak dicari dalam kategori ini adalah sleepsuit, yang mempunyai keunggulan yaitu berbahan 100% cotton (katun), dan didesain sedemikian rupa agar nyaman digunakan dan menyesuaikan dengan bentuk tubuh bayi sesuai perkembangannya.

Travel. Dalam koleksi kategori ini, diantaranya carseat, pushchair, baby carries, dan aksesoris untuk bepergian, tersedia dalam berbagai merk ternama dengan desain yang inovatif. 

Nursery. Adalah produk-produk yang membantu Ibu untuk menciptakan suasana yang nyaman di rumah untuk si kecil. Beberapa produk nursery diantaranya mosses basket & cribs, cot bed dan nursery furniture, sleeping bags, dan aksesoris tempat tidur.

Bathtime. Kebutuhan saat menyiapkan si kecil mandi seperti changing mat, handuk, mainan sampai baby toiletries dapat ditemukan di Mothercare.

Feeding. Produk dalam kategori ini tersedia untuk menemani anak didalam setiap tahap makannya. Dari mulai pemberian ASI ekslusif sampai pada tahap pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI). Produk-produk pendukung tersebut diantaranya, breastpump, aksesoris menyusui, berbagai varian highchair, dan berbagai perlengkapan makan anak.

Playtime. Koleksi playtime Mothercare diciptakan khusus sesuai tahap perkembangan usia si kecil. Sejak bayi baru lahir sampai berusia balita, dapat menemukan mainan yang sesuai disini.

Salah satu brand yang juga berada dibawah naungan Kanmo Retail Group adalah ELC.
ELC itu bukan sebuah lembaga kursus loh, hehe, kali aja ada yang nyangkain kaya gitu. ELC atau Early Learning Center adalah sebuah toko mainan favorit dari Inggris yang menyediakan mainan edukatif untuk anak-anak mulai dari umur 0 bulan sampai dengan 8 tahun. Seperti yang gue singgung sebelomnya tentang mainan anak-anak gue yang kebanyakan cepet rusak dan akhirnya ngga terpakai, produk-produk mainan ELC berbeda dengan mainan-mainan yang diproduksi dipasaran pada umumnya. Mungkin untuk sebagian orang harga yang ditawarkan oleh ELC terbilang cukup mahal ya, termasuk untuk gue sendiri. Gue dan sebagian ibu-ibu lainnya mungkin akan berpikir lebih dari sekali untuk membelikan anak-anak kita mainan yang harganya lumayan aduhai alias cukup menguras dompet.

Dan mungkin kita akan bertanya-tanya sebenarnya apa yang membuat mainan produk dari ELC istimewa sehingga mempunyai banderol harga yang tinggi. Jawabannya gue dapet dari penjelasan Mbak Bertha Septiyani dan Mas Abi Syihab (maaf jika ada kesalahan penulisan nama) dalam presentasinya kemaren. Produk-produk ELC semuanya telah lolos iji coba oleh para ahli di Eropa dan sekarang sudah berlabel SNI (Standar Nasional Indonesia), tentu yah semua uji coba itu sangat ketat. 


Mbak Bertha dan Mas Abi dari Kanmo Retail Grup

Mainan-mainan produk ELC pada dasarnya mempunyai beberapa keunggulan, yaitu :

Play value (nilai bermain). Setiap produk ELC selalu menyenangkan dan mendorong anak untuk belajar sambil bermain. Jadi bermain itu sekarang ngga hanya sekedar bermain, tapi ada segi edukasinya juga. Of course in fun ways!

Safety (keamanan). Produk-produk yang dijual oleh ELC selalu diuji secara komprehensif oleh pihak internal ELC atau oleh laboratorium independen sebelum dipasarkan, telah lolos dan melampaui uji keamanan di Inggris dan Eropa. Standar keamanan ini mencakup fisik, mekanik, simbol, ketahanan terhadap api, peringatan usia, bahan kimia yang digunakan, keamanan mainan elektronik, petunjuk penggunaan, ukuran dan berat produk.

Quality (kualitas). Dalam membuat produk, ELC selalu menggunakan material (plastik, kain dan kayu) dengan kualitas terbaik sehingga mempunyai ketahanan maksimal jika mainan dibanting dan dijatuhkan oleh anak-anak. Untuk masalah yang satu ini gue percaya banget. Kenapa? Karena kemaren dalam presentasinya, Mas Abi Syihab sempet mendemonstrasikan membanting salah satu mainan produk ELC ke lantai. Dan hasilnya jelas ngga seperti mainan anak-anak gue (yang tanpa perlu dibanting pun rusak sendiri), mainan produksi ELC bener-bener kuat dan tahan banting. Bagian yang bisa dicopot dan dipasang kembali memang terlepas, tapi fisik mainannya sendiri utuh. Dan tenaga yang digunakan untuk membanting mainan kemarin dalam demonstrasi adalah tenaga laki-laki dewasa loh, pastinya lebih besar dari tenaga anak-anak. Well, akhirnya jelas kan ya, dibandingkan dengan mainan yang biasa gue beli dengan harga murah tapi kualitasnya rendah, mainan produk ELC terjamin dari segala segi termasuk kualitas dan keawetannya. 

Value for money (keuntungan ekonomis). Kebijakan harga yang ditetapkan ELC adalah selalu menawarkan harga yang terbaik bagi pelanggan dengan keamanan, nilai bermain dan kualitas. Seperti yang tadi gue bilang, setelah gue hitung-hitung jumlah uang yang gue keluarkan untuk membeli mainan anak-anak tapi barangnya cepat rusak dan akhirnya menjadi tidak terpakai sebenarnya hampir sebanding dengan kalau gue membelikan mainan dari ELC yang harganya lebih mahal. Toh, nilai edukasinya anak-anak dapet, mereka having fun, keamanan terjamin, dan yang terpenting kualitasnya tinggi sehingga mainannya awet. So, hukum pasar “ada harga, ada kualitas” jelas berlaku disini.

Mothercare Store Paris Van Java Mall

ELC Store Paris Van Java Mall

Selain mendapatkan pemahaman tentang produk-produk Mothercare dan ELC, kemaren juga gue mengunjungi tokonya loh. Produk untuk Ibu dan Anaknya banyak dan lengkap banget di Mothercare Store, kalo lagi hamil dijamin kalap deh masuk situ, hihihi. Dan mainan di toko ELC pun lucu-lucu, gue aja yang udah ibu-ibu seneng milih-milih mainan disitu. Ada beberapa mainan yang ngga cuma untuk dimainkan aja fungsinya, tapi bisa dipakai untuk keperluan sehari-hari juga. Contohnya mainan masak-masakan untuk perempuan, seperti mainan untuk membuat cup cake dan cetakan cookies itu bisa dipakai untuk bikin kue dan cookies beneran loh! Jadi kapan-kapan kalo bikin cake atau kue kering, ibunya bisa pinjem, hehe. Lebih bagus lagi kalau sambil main gitu, anaknya sekalian belajar bikin kue betulan kan? (tentu saja didampingi ibunya dong)

Gue bingung banget deh pilih-pilih mainan disana buat anak-anak. Karena ada begitu banyak varian mainan yang bahkan ibunya pun pengen coba mainin. Keliatan masa kecil kurang bahagia ngga sih? Hihihi, tapi akhirnya pilihan gue jatuh pada mainan wooden alphabet blocks. Anak gue yang paling gede kan udah ngga main mainan lagi nih, dan si tengah (Rainy, 6 tahun) dan si bontot (Raina, 3.5 tahun) lagi seneng-senengnya belajar abjad. Makanya kayanya mainan yang ini cocok buat mereka… :)


Wooden Alphabet Blocks
Kemaren juga di toko ELC yang karyawannya helpful dan ramah banget, gue ditawarin untuk jadi member disana. Ga pake biaya pendaftaran dan iuran bulanan/tahunan gitu loh. It’s free! Kemaren gue dibuatin member yang Gold, salah satu keuntungannya adalah diskon produk sebesar 20% pada hari ulang tahun anak kita. Hehehe, lumayan kan.. meskipun gue sempet kasih saran sama Mas kasirnya biar diskonnya 50% gitu. Dan yang ngga kalah keren adalah, Mothercare dan ELC itu menyediakan layanan 24 jam online untuk konsumennya berbelanja. Seriously! Buat yang suka online shopping atau ngga punya banyak waktu untuk mampir ke tokonya tapi membutuhkan keperluan ibu dan anak, tinggal klak-klik aja gitu. Ntar tinggal nunggu dianterin deh belanjaanya, dimanapun kita berada di Indonesia. Oh iya, setiap hari Jumat minggu ke-3 tiap bulannya nih, ELC Store selalu ngadain acara playtime, and it's free too.. Tinggal dateng aja ke toko terdekat yaa ^^

So, sekian dulu ya, gue mau nemenin anak-anak main lagi.. ^^ Dan buat Mothercare & ELC, dapet salam nih dari bocah-bocah… Makasih untuk mainannya katanya, kita jadi asyik belajar sambil bermain deh :)




 

12 komentar:

  1. semoga jadi pelanggan tetap mothercare yak... hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi..moga-moga mbak ^^
      Makasih udah mampir ya :)

      Hapus
  2. Lengkap banget, berasa mengunjungi tokonya deh lewat tulisannya.. Good Job..
    Mainan disana bikin mupeng ya..
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa...mupeng banget..secara aku masa kecil kurang bahagia...hehehe
      Makasih yaa udah mampir ^^

      Hapus
  3. Kalo maenan awet emang asik sih, Tie. Bisa dilungsurin ke adeknya:D *ujungnya teteup medit*
    Tapi emang bener ada harga ada barang. Dan kalo kita sadar harganya mahal, kesadaran buat ekstra jaganya juga ada :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. ya kan namanya emak-emak pasti itungan :D
      Iya Dell..mainan nya dilaminating biar ga gampang rusak XD

      Hapus
  4. aku kalo beli mainan nggak pernah yang mahal. alesan yang pertama karena navaro bosenan. alesan kedua karena aku males beberes. jadi kalopun beli barang mahal ntar ujung ujungnya dibuang atau malah kebuang. sayaangg.

    setiap navaro minta beli mainan, seringnya aku alihkan buat beli makanan :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisaan Lia mengalihkan pake makanan... Anak2 kalo dialihkan pasti mintanya es krim, sementara kl makan es pasti udahnya bapil >.<

      Hapus
  5. Dan gue mak, selalu mengandalkan adik gue buat beliin raheesa mainan mumpung dia blom kawin hahaha *dasar mak2dit. Tiap bulan emang ada jatah buat raheesa beli mainan dari dia. Diajakin ke mall trus pulang-pulang raheesa udah nenteng mainan. Girang dong emaknya jadi jatah beli mainan lumayan buat beli pulsa hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak bangeeetttt... Emaknya donk pesta quota :D

      Hapus
  6. Awan pernah pulng sekolah bawa mainan seperangkat alat pertukangan.
    Dapat dr sekolah krn jawabn pertanyaan dr Om Om pemadam kebakaran katanya.
    Lumayaaannn... ngirit jatah beli mainan.
    sering2 yah dek... hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih keren!! Emang yah mak yg namanya gratisan itu menyenangkan :D

      Hapus