Selasa, 03 Mei 2016

Berinvestasi Dari Sekarang dan Rasakan Ragam Manfaatnya


Yuk, ah! Sekali-kali kita ngobrol yang serius. Karena hidup ini isinya ngga melulu bersenang-senang dan ngomongin drama Korea kan? Dan tentunya hidup kita ngga hanya untuk hari ini.  Dalam perjalanan hidup ada yang dinamakan "masa depan", yang akan kita hadapi dan pasti harus kita persiapkan dengan baik mulai dari hari ini.

Setiap orang pasti punya rencana hidup untuk masa depannya. Sebagian sudah menulis dan membuat rencana untuk jangka pendek, seperti menyelesaikan kuliah atau mencari pekerjaan. Sebagian lagi ada yang sudah menentukan dan berusaha meraih gelar S2 atau bersiap untuk memulai hidup dan keluarga baru untuk rencana jangka panjangnya.
Rencana dari keinginan-keinginan seperti itu sudah seharusnya direalisasikan dengan baik. Menentukan langkah-langkah yang tepat merupakan sebuah permulaan dan list cadangan perlu kita susun untuk rencana selanjutnya, jika rencana semula tidak berjalan dengan mulus dan terhambat oleh beberapa hambatan terutama hambatan biaya.

Jika sewaktu-waktu dalam rencana jangka panjang kita ternyata dana yang dipersiapkan tidak sesuai dengan perkiraan, maka seharusnya kita sudah memiliki dana cadangan untuk menutupinya. Kadangkala, rencana yang sudah kita perkirakan tidak sesuai dengan yang dibayangkan. Oleh karena itu menyusun dan meletakkan suatu rencana jangka pendek atau panjang harus ditunjang dengan investasi. 

Investasi memiliki banyak manfaat yang sangat berguna untuk masa depan yang kita inginkan. Karena pada dasarnya investasi adalah sebuah faktor penting yang menunjang rencana masa depan kita. Maanfat investasi tersebut diantaranya :

a.    Gaya Hidup Hemat
Waktu kita memulai berinvestasi, kita akan berpikir berapa dana yang dibutuhkan untuk memulai dan bagaimana caranya berinvestasi. Lalu kita akan mencari tahu berbagai jenis investasi dan menemukan bahwa Reksadana adalah investasi paling baik. Sebelum memulai investasi, kita harus mengatur keuangan terlebih dahulu, sehingga saat melakukan investasi tidak akan ada hambatan yang berarti.
Hal inilah yang menjadi alasan bahwa dengan berinvestasi maka akan membuat gaya hidup kita menjadi lebih baik. Sebab kita akan mengatur keuangan terlebih dahulu dan menyisihkan sebagian dana untuk biaya hidup, cicilan produktif, dan investasi.

b.    Nilai Aset semakin Meningkat
Investasi adalah adalah salah satu cara agar nilai aset yang kita miliki mempunyai nilai yang terus meningkat setiap waktunya. Contoh sederhana adalah investasi dibidang lahan dan properti. Jika bertahun-tahun yang lalu harga tanah hanya 50 ribu per-meter, maka sekarang harga tanah ada yang mencapai angka 5 juta per-meter. Seperti itulah investasi, nilainya akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Memberikan manfaat untuk masa depan yang lebih baik.

c.    Bagian dari Rencana keuangan
Saat merencanakan investasi, berarti saat itulah kita sudah menyusun rencana keuangan kita. Dengan membagi setiap dana yang dimiliki setiap bulan, misalnya, dan meletakannya di beberapa pos keuangan yang disiapkan, merupakan bentuk rencana keuangan yang tertata dengan baik.

Yang terpenting dari semua rencana masa depan yang sedang kita susun adalah memulai langkah-langkah yang efektif namun tepat guna menunjang tercapainya tujuan kita dimasa yang akan datang. Lakukanlah investasi dari sekarang, karena tidak ada waktu yang lebih tepat untuk memulai hal baik kalau bukan sejak saat ini.


4 komentar:

  1. setuju dan sepakat mb, apalagi sy udah berumur kepala tiga saatnya utk mikirin investasi apa yang tepat utk keluarga kami. Btw kalau beli tanah atau properti rasanya blm sanggup karena kl beli tanah g bs beli dkit2 harus dlm jumlah banyak dan uang yg dkeluarkan jg harus banyak. Sementara investasi yg cocok bwt kami dan bs dlakukan rutin adalah membeli emas batangan. selain terjangkau jg nilainya bs stabil di masa mendatang.

    BalasHapus
  2. ayolah mulai berinvestasi karena dengan berinvestasi kita dapat mengatur dan meningkatkan keuangan..demi masa depan.

    BalasHapus
  3. ayuk dari sekarang berinvestasi agar masa tua tinggal menikmati hasil.

    BalasHapus