Senin, 23 Juni 2014

Lagi-lagi Soal Opini

Jumat kemaren gue dapet tugas dari kantor ke Kota Serang. Gue berangkat sama orang dari kedinasan dan sama seorang ketua salah satu LSM di Bandung. Dari awal gue berangkat, gue udah ga sreg ama si Ibu Ketua LSM tadi, pake ngikut-ngikut segala, padahal institusinya hampir ngga ada hubungannya sama tugas gue ke Serang itu. Tapi ya sudahlah, ngikut aja deh gue..


Ternyata  feeling gue bener, si Ibu Ketua LSM tadi, gue sebut aja Mba Well, recoook teroos sepanjang jalan. Segala rupa diomongin, dari mulai masuk tol Pasteur sampe keluar tol Serang doi berkoar ampe berbusa-busa. Kalo dipake buat nyuci baju sih itu busa bisa buat rendeman cucian 3 hari kali. Segala macem topik doi kupas tuntas, buah kalee dikupas...Dari mulai pengalaman doi umroh, ngomongin pejabat-pejabat kedinasan, sampe tentu saja soal politik dan pilpres.

Soal pejabat-pejabat dinas gue ngga aware lah ya, ga penting juga buat gue tau bahwa si Bapak A doyan karokean, si Ibu B menduduki jabatan anu, atau ketemu si Kadis C dikondangan..Karena si Mba Well ini duduknya satu jok sama gue, mau ngga mau gue denger ocehannya lah ya..Meskipun saat itu gue ujug-ujug lebih tertarik dan fokus sama pohon-pohon dan gegunungan disepanjang tol Cipularang ketimbang maksain diri ber-"hmmm..oh..Iya.." nimpalin obrolan doi. Gue berusaha mengalihkan konsentrasi gue dari topik saya-kenal-loh-sama-pejabat nya si Mba Well tadi dengan berusaha pura-pura menikmati pemandangan dengan tampang sok-sok an pengamat lingkungan gitu.

Lalu kemudian topik beralih soal pilpres, klise lah yah secara lagi happening banget kan sekarang ini... Awalnya si Mba Well ini mengaku masih bingung menentukan pilihan capres mana yang bakalan doi coblos ntar pas pilpres. Doi bilang si capres 1 cocok jadi presiden tapi dia punya track record yang kurang bagus. Capres 2 menurut si Mba Well tadi karakternya oke, tapi pengalaman dan kesiapannya memimpin negara ini masih kurang. Well, oke..udah biasa gue denger opini macem gitu. Bos gue dikantorpun kaga bosen-bosen tuh bangga-banggain capres pilihannya, gue sih cuek bebek lah toh gue punya opini dan sudut pandang sendiri... *heii aku udah gede tauu*

Tapi lama-lama gue mulai mengalihkan konsentrasi gue terhadap pemadangan sepanjang jalan tol setelah mendengar si Mba Well tadi berpendapat bahwa capres no.2 ngga cocok jadi presiden, karena katanya : kurang punya wibawa *klasik banget lah*, pengetahuannya kurang luas, bahasa inggris nya medok jawa, terindikasi bakalan jadi capres boneka *emang sekarang boneka boleh nyapres yah, baru tau gue* dan menurut doi yang terpenting adalah karena kebijakan-kebijakan si capres no.2 *sewaktu menjabat walikota dan gubernur* itu terlalu memihak pada kepentingan rakyat kecil alias golongan bawah.

Hah?? Ga salah denger gue? kuping gue yang congek apa gue lagi gagal fokus?
Tapi gue ngga lagi congek saat itu *bukan berarti lain waktu gue suka congek-an yah* Si Mba Well sang ketua LSM yang bergerak di bidang sosial itu berpendapat bahwa nantinya kebijakan-kebijakan si capres no.2 bakalan banyak memihak wong cilik kalo nanti dia terpilih jadi presiden. Menurut doi, jangan melulu urusin golongan coro dong, toh masyarakat kelas atas juga punya kepentingan. Duhh maaak, maapin yah kalo gue songong, tapi saat itu gue mati-matian menahan rasa pengen noyor kepala itu ibu-ibu...

Iya sih memang, rakyat Indonesia itu bukan semua orang jelata, kere, miskin, dan ga terdidik... Idealnya memang setiap kebijakan itu mencakup semua kalangan, termasuk didalamnya mengakomodir kepentingan baik golongan menengah keatas maupun mereka-mereka yang nasibnya kurang bagus sehingga digolongkan kedalam kriteria "orang miskin", wong cilik, rakyat jelata or whatever lah.. Tapi mbok ya jangan ngomong gitu dong, ngga berempati banget...lagian  memangnya apalagi siih yang masih kurang dari hidup orang-orang kelas atas? Apa yang kurang dari kehidupan Mba Well yang notabene masuk kriteria kelas menengah ke atas???

Rumah millik pribadi, layak huni, kalopun ngga mewah ya nyaman. Bukannya bedeng-bedeng kumuh atau rumah petak berdinding triplek beralas kardus beratap seng dipinggir kali atau dikolong jembatan. Atau perkampungan di bantaran kali yang kalo banjir ga usah ditanya apa ada spesies lele kuning dan kawan-kawannya lewat bahkan mampir ke rumah.

Pendidikan anak-anaknya kualitas juara, sekolah favorit nomer satu dengan fasilitas oke.. Bukan bangunan setengah roboh yang atapnya BOCHORRRR dan lebih mirip kandang embe ketimbang disebut sekolah.. Yang anak-anaknya harus bertaruh nyawa kalo mau pergi kesekolah lewat jembatan doyong, lewat sungai berarus deras, atau menempuh perjalanan serupa atlet maraton kalo lagi lomba *baca : jauh*

Fasilitas kesehatan juga bagus, sakit koreng dikit ngacir ke dokter, panuan dikit buru-buru ke klinik kecantikan, dan kalopun sakit parah tinggal dirawat di rumah sakit dengan pelayanan nomer wahid.. Bukan yang harus ngantri berjam-jam demi beberapa butir obat, yang kalo sakit parah harus jual harta, benda, dan harga diri... Bukan yang kalo ngga ada duit di telantarin dikoridor atau parkiran rumah sakit padahal mereka meregang nyawa, menahan derita. Atau lebih parah, dibuang ke tengah-tengah kebon, dibiarkan sekarat menunggu ajal... Sampe ada slogan "orang miskin ga boleh sakit"

Sandang pangan juga terjamin, bisa beli baju kapan aja dan ga usah nunggu 3 kali lebaran sampe Bang Toyib pulang, makan enak tiap hari dan gizi tercukupi. Bukan mereka yang antre desek-desekan saling injak saling sikut minta zakat kalo pas lebaran demi bela-belain duit beberapa ribu perak, yang anak-anaknya perutnya buncit bukan karena kenyang tapi karena busung lapar, yang makannya nasi jatah Raskin dimana perbandingan campuran beras dan kutunya 1 : 100, yang lauk pauknya kalo ngga tahu tempe ber-borax, sisa-sisa makanan resto fast food yang diambil dari tong sampah, atau cukup dengan garem dan mecin.

Sarana transportasi juga mumpuni, kemana-mana enak pake mobil ber-AC, panas ga kepanasan hujan ga kebasahan. Meskipun sebagian besar dari mereka yang mengaku sebagai golongan menengah keatas beli bensin tetep ajaa maunya yang bersubsidi. Masih lebih enak kan ketimbang mereka yang tiap pagi berdesakan di KRL kelas ekonomi, bus, mikrolet, atau angkot demi ongkos murah meski pabeulit sama bau ketek orang, keringetan dan bikin bedak luntur, beresiko dicopet atau kalo cewe di grepe-grepe sama pria-pria berotak mesum yang ga laku dipasaran.

Kebijakan mana Mba Well, yang menurut anda tidak memuaskan buat kalangan seperti anda?
Jadi, golongan menengah kebawah, rakyat jelata, kaum wong cilik, orang miskin yang termarginalkan selamanya ngga boleh mentas dari keadaan mereka saat ini? Harus selamanya jadi golongan coro seperti yang anda bilang? Harus dapet lepehan orang terus?

Yang gue miris dan heran ga abis-abis, Mba Well ini ketua salah satu LSM sosial loh!! Apa yang selama ini anda kerjakan? Heloowwww *ketok-ketok pala Mba Well* Apakah label "pekerja sosial" itu cuma embel-embel buat Mba Well supaya lebih lancar berkenalan dan fasih berbicara tentang pejabat-pejabat? Hati nurani dan empati anda ditaro dimana?

Gue bukan lagi membela capres no.2 yang dia kritisi kebijakan-kebijakannya yah, gue juga bukan lagi men-jugde pilihan dan pandangan politiknya. Gue bicara atas dasar etika, empati dan rasa kemanusiaan. PERSETAN kalo doi lebih milih capres no.1 ketimbang capres no.2, ngga ada hubungannya sama gue dan ga bikin rugi juga. Gue cuma mengutarakan opini gue, bukan tentang capres pilihannya, tapi tentang pola pikirnya yang menurut gue sangat dangkal dan memalukan. Melalukan? Iya MEMALUKAN. Gue juga berkecimpung di Non Goverment Organization  yang bergerak di bidang sosial, maka dari itu gue bilang sekali lagi kalo gue MALU ada seorang yang mengaku pekerja sosial dan membawahi sebuah LSM sosial, tapi cara pandangnya lebih cetek daripada genangan aer comberan...






Dan fyi ajah, demi memuaskan amarah terpendam gue yang ga tersalurkan, saat itu juga gue delete kontak bbm doi dari contact list gue..!! Biar kata dibilang kekanak-kanakan gpp, yang penting gue puasss *dikit*




4 komentar:

  1. kok ada ya org yg berkecimpung di dunia sosial tp cara berpikirnya seperti tidak sejalan dgn yg sllu dia kerjakan, brarti slama ini apa dong yg dia kerjain? cuma topeng monyet aja gitu?

    BalasHapus
  2. iya bener..embel2 doang kerja sosial teh..padahal dia sehari2 menghadapi konflik dan masalah sosial...tp jiwanya ga disitu... shame on you!

    BalasHapus
  3. tau mba, pasti dia agak keder juga kalo capres no 2 jadi presiden, lebih mentingin rakyat wong ciliknya ntar yang kalangan atas dikacangin. Hadehhhh ada ya pekerja sosial kok malah ga mikirin rakyat kecil.
    Setuju mba, jauh2 deh m orang kayak gitu hidupnya cuma buat ngejelekn and ngomongn orang. DELCON ajahhh hahaha
    salam dua jari!

    BalasHapus
  4. Hehehe,berarti tidakan anarkis mendelete kontaknya gpp lah ya :D malesin soalnya :p

    Salam2Jari jugaaa (^^)v

    BalasHapus